Kuliner Legendaris: Ajibnya Soto Pak Soleh Soto Pak Soleh Al Barokah (MP/Fredy Wansyah)

Soto telah menjadi salah satu kuliner favorit di Yogyakarta. Meski banyak soto di berbagai daerah, soto Yogyakarta terkenal akan rasanya yang khas.

Soto kadipiro, misalnya, ini menjadi ikon kuliner dunia soto Yogyakarta. Namun, soto kadipiro hanyalah satu dari sekian banyak pilihan soto di Yogyakarta.

Salah satu soto yang cukup terkenal dan legendaris di Yogyakarta ialah Soto Pak Soleh Al Barokah atau biasa dikenal Soto Pak Soleh. Warung soto ini kerap dikunjungi pelanggan dari berbagai lapisan dan berbagai daerah.

Soto ini bisa memiliki cita rasa khas Yogyakarta alias Jogja banget. Rasanya gurih dan manis, seperti masakan khas Yogyakarta kebanyakan. Komposisinya ada bihun, kecambah, kol, wortel, daun bawang, daging sapi dan bawang goreng.

Warung Soto Pak Soleh Al barokah (MP/Fredy Wansyah)

Yang membuat citarasanya yang berbeda ini ternyata dari cara memasaknya. Proses memasaknya tidak memakai gas, melainkan arang, sehingga membuat rasa soto semakin spesial.

Semangkuk soto Pak Soleh hanya dibanderol Rp 10 ribu per-porsinya. Untuk menambah sensasi rasanya, ada menu tambahan seperti daging spesial, kerupuk, dan gorengan.

Jika tertarik mencoba soto paling laris di seputaran Tugu ini, langsung saja datang. Alamatnya di Jalan Wiratama No. 84 Tegalrejo, Yogyakarta.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Soto Rempah Mantrijeron Bumbunya Meresap Sampai Ke Pangkal Lidah



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH