Kronik Bentrokan TNI-Polri Sepanjang 2014

Ana AmaliaAna Amalia - Senin, 15 Desember 2014
Kronik Bentrokan TNI-Polri Sepanjang 2014

MerahPutih Nasional - Sepanjang tahun 2014 terjadi tujuh kali bentrok dan perkelahian antara TNI-Polri. Enam di antaranya TNI bentrok dengan Brimob. Korban terbanyak dari bentrokan ini adalah TNI dan sebagian besar menderita luka tembak, sementara personil Polisi pun banyak menjadi korban.

Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan bentrokan TNI-Polri tahun 2014 tergolong tinggi dibandingkan tujuh tahun sebelumnya. Pada 2007 hanya terjadi 3 peristiwa, 2008 terjadi 2 peristiwa, 2009 terjadi 4 peristiwa, 2010 terjadi 6 peristiwa, 2011 terjadi 1 pe­ristiwa, 2012 terjadi 1 pe­ristiwa, dan 4 peristiwa di 2013.

"Untuk mengatasi konflik TNI-Polri, para elit kedua institusi ini harus sepakat menunjukkan keteladanan, menghentikan aksi backing membacking dan mau berkoordinasi dengan cepat jika ada potensi ketegangan," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam siaran persnya kepada merahputih.com, Jakarta, Senin (15/12).

Neta menambahkan bentrokan antar keduanya kerap terjadi dalam merebutkan sumber daya ekonomi. Selama ini banyak elit kedua institusi terlibat menjadi backing, bahkan Jenderal - Jenderal yang sudah pensiun pun masih menjadi backing, dengan label sebagai komisaris di perusahaan - perusahaan besar, terutama milik konglomerat hitam.

"Sikap yang tidak memberi teladan ini tentunya ditiru jajaran bawah, yang menjadi backing di lokasi pelacuran gelap, perjudian, penimbunan BBM ilegal, dan lainnya," tambah Neta menegaskan.

"Pemerintah Jokowi perlu menuntaskan masalah ini, jika tidak bentrokan TNI-Polri akan terus menjadi ancaman bagi masyarakat," ujar Neta.

Data yang diterima merahputih.com, bentrokan TNI-Polri terjadi sebanyak 7 kali hanya dalam kurun waktu satu tahun. Berikut data rincinya

20 November 2014
Anggota Brimob Polda Sumut, Brigadir Beni Sihombing (32) tewas ditikam oleh Akhir, seorang personel TNI di Binjai. Perkelahian ini nyaris menjadi bentrokan. Sebab di lokasi kejadian sempat terlihat sejumlah personel Polres Binjai bersiaga dengan membawa senjata laras panjang. Bentrokan bisa dicegah setelah pimpinan TNI-Polri turun tangan.

19 November 2014
Bentrokan antar anggota Yonif 134/Tuah Sakti dengan Brimob Polda Kepridi Tembesi, Batam membuat anggota TNI, Praka JK Marpaung tewas tertembak. Anggota TNI sempat mengepung dan menembaki markas Brimob. Wakil Gubernur Kepri yang berada di TKP sempat terkepung. Masyarakat Batam yang melihat situasi ini lalu turun tangan menghalau anggota TNI.


15 November 2014
Brigadir TN anggota Brimob luka-luka setelah dikeroyok dan ditusuk tujuh lelaki berambut cepak, yang diduga sebagai anggota TNI di Pasar Kembang Yogyakarta. Korban mengalami luka tikaman di bahu dan pinggang kiri. Sementara dahi dan pinggang luka-luka akibat pukulan benda tumpul.


14 Oktober 2014
Sejumlah personel TNI dan Brimob terlibat baku tembak di Pirime, Lanny Jaya, Papua. Bentrokan terjadi antara personel Brimob dengan anggota Yonif 756/ Wamena. Dalam bentrokan ini Komandan Pos TNI, Letnan Ali, terluka tembak di kaki. Peristiwa terjadi saat anggota Brimob melakukan sweeping. Saat mengetahui seorang TNI menumpang truk, Brimob membentaknya, sehingga terjadi cekcok.

29 September 2014
Seorang anggota Polisi Aiptu Paulus Lekatompessy tewas dikeroyok di Asrama TNI di kawasan Benteng, Ambon. Pengeroyokan diduga melibatkan seorang anggota TNI Kodam Pattimura bernama Serka JL. Insiden ini bermula saat korban melayat ke rumah duka yang berada di Asrama TNI di Benteng. Tak jelas masalahnya, korban lalu terlibat perkelahian dengan anggota TNI hingga luka parah dan tewas.

21 September 2014
Aparat TNI bentrok dengan Polisi di Batam. Empat anggota Batalion 134 Tuah Sakti tertembak dan satu kendaraan serta bangunan dibakar. Anggota TNI yang tertembak adalah Pratu AK, Prada HS, Praka EB, dan Pratu ES.

7 Agustus 2014
Anggota Yon Armed bentrok dengan Brimob di Cipanas, Cianjur, Jabar. Dua TNI dan satu Brimob terluka.

#TNI-Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan