Korsel Raih Gelar Juara Piala Sudirman 2017

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Minggu, 28 Mei 2017
Korsel Raih Gelar Juara Piala Sudirman 2017
Pebulu tangkis tunggal putri Korea Sung Jin Hyu melakukan servis saat melawan tunggal putri Thailand Ratchanok Intanon dalam semifinal turnamen Piala Sudirman 2017. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Korea Selatan akhirnya memastikan juara turnamen bulu tangkis Piala Sudirman 2017 usai mengalahkan tim Tiongkok.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Carrara Sport and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu, Korea Selatan menggulung Cina dengan skor tipis 3-2.

Di partai pertama, Negeri Tirai Bambu mencuri angka pertama melalui pasangan ganda putra peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Fu Haifeng/Zhang Nan.

Fu/Zhang menumbangkan duet Korea Selatan Choi Solgyu/Seung Jae Seo dalam dua gim 21-14, 21-15 yang sekaligus membuat skor 1-0 bagi keunggulan Cina.

Unggul di partai pertama, Cina tampak kesulitan di partai kedua karena tunggal putri mereka He Bingjiao tidak bisa berbuat banyak di hadapan wakil Korea Selatan berperingkat empat dunia Sung Ji Hyun.

Sung Ji Hyun yang menang atas He Bingjiao 21-12, 21-16, juga membuka harapan bagi Korea Selatan untuk bisa meraih gelar turnamen beregu campuran itu dengan membuat kedudukan sementara menjadi 1-1.

Di partai ketiga yang merupakan pertemuan tunggal putra, secara mengejutkan Korea Selatan tidak menurunkan Son Wan Ho ketika menghadapi Chen Long yang merupakan juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Negeri Ginseng lebih memilih Jeon Hyeok Jin (peringkat 41 dunia) untuk mnghadapi wakil Cina tersebut. Akhirnya, Chen Long dengan mudah mengalahkan wakil Korea Selatan 21-10, 21-10, dan membuat skor sementara 2-1 untuk keunggulan China.

Pertandingan seru terjadi di partai keempat yang mempertemukan pasangan ganda putri Korea Selatan berperingkat tiga dunia Chang Ye Na/Lee SO Hee dan posisi keempat dunia asal Cina, Chen Qinchen/Jia Yifan.

Bermain ketat sejak awal gim pertama, pasangan Korea Selatan akhirnya menang atas duet Cina dengan dua gim langsung 21-19, 21-13, yang membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2 dan harus ditentukan oleh pertandingan pamungkas.

Di partai pamungkas, pasangan ganda campuran Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung menumbangkan duet nomor dua dunia asal Cina Lu Kai/Huang Yaqiong.

Choi/Chae berhasil menyudahi perlawanan hebat dari Lu/Huang dalam dua gim dengan skor 21-17, 21-13 yang membuat skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Korea Selatan.

"Hari ini kami tampil di bawah performa terbaik. Namun, kami akui mereka bermain baik hari ini," kata Huang Yaqiong yang tidak bisa menutupi tetesan air matanya saat diwawancarai.

Sementara itu, pasangan Korea Selatan yang menjadi penentu kemenangan Negeri Ginseng mengaku mereka sangat senang dengan hasil tersebut. Mereka juga bangga telah bisa membuktikan diri di turnamen beregu campuran itu.

"Kami sangat senang dan bangga atas kemenangan ini. Hal ini adalah buah dari kerja keras kami semua selama ini," kata Choi Solgyu.

Gelar Piala Sudirman pada tahun 2017 menjadi gelar keempat negeri ginseng tersebut dalam turnamen beregu campuran setelah sebelumnya mereka berhasil meraihnya pada tahun 1991, 1993, dan 2003.

Sumber: ANTARA

#Piala Sudirman #Korea Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan