Ternyata Kopi Bakar Lemak Anda Kandungan kafein pada kopi bisa membakar lemak pada tubuh Anda (Foto: Freeimages)

Nikmatnya aroma dan rasa kopi selalu bisa membuat Anda kecanduan. Kandungan kafeinnya sering kali Anda butuhkan untuk membuat Anda tetap terjaga. Namun, kopi juga memiliki khasiat lain bagi tubuh. Minuman yang mengandung kafein ini ternyata juga bisa membakar lemak pada tubuh Anda. Anda yang hobi ke gym tentu tahu hal ini. Itu sebabnya disediakan kopi pahit di gym, yang biasa orang minum sebelum olahraga.

Kandungan kafein pada kopi dapat membuat metabolisme tubuh Anda menjadi tinggi. Beberapa studi mengungkapkan, 3-11% metabolisme tubuh akan melaju lebih tinggi karena pengaruh kafein. Jika metabolisme tubuh semakin tinggi, maka pembakaran lemak dapat terjadi. Kafein merangsang sistem saraf yang bisa memberikan sinyal ke sel lemak, agar jaringan lemak dapat terpecah dan terlepas.

Selain itu, ada pula kandungan lainnya pada kopi yang bisa membakar lemak Anda, yaitu asam klorogenik. Klorogenik memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah yang tersimpan lebih sedikit. Kurangnya gula sebagai sumber energi ini mendorong tubuh untuk memecah lemak agar kebutuhan glukosa tercukupi. Hal ini akhirnya berdampak pada penurunan kelebihan berat badan Anda.

Namun, pembakaran lemak menggunakan kopi belum pernah terbukti efektif untuk orang yang mengalami obesitas. Kenyataannya 29% efek pembakaran lemak hanya dapat terjadi dengan orang yang bertubuh langsing. Sayangnya, pembakaran lemak dengan kopi hanya bereaksi pada peminum kopi jangka pendek. Bagi peminum kopi jangka panjang, peningkatan metabolisme tidak bisa terjadi karena ada penolakan kafein dalam tubuh.

Jika ingin membakar lemak dengan kopi, Anda bisa meminumnya secara selang-seling. Contohnya, minum kopi pada satu minggu pertama dan kemudian tidak mengonsumsi kopi pada satu minggu kemudian. Hal ini perlu Anda lakukan agar tubuh lebih bisa menerima kandungan kafein pada kopi.

Baca juga Diet Teh Hijau dan Lemon dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat.



Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE