Kontroversi Film Bilal di Timur Tengah

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 10 September 2016
Kontroversi Film Bilal di Timur Tengah
Foto:YouTube

MerahPutih Film - Film animasi berjudul "Bilal" resmi dirilis 8 September 2016 di Uni Emiret Arab (UEA) dan mendapat pujian dari banyak kalangan."Bilal" yang berkisah tentang seorang sahabat di zaman Nabi Muhhamad ini bahkan mendapatkan penghargaan sebagai film animasi paling menginspirasi di Festival Film Cannes.

Meski begitu, "Bilal" menuai kontroversi dan berbagai pencekalan di beberapa negara Timur Tengah, Qatar salah satunya.Seperti yang dilansir Dohanews, "Bilal" dianggap menghina dan keluar dari konteks Islam sehingga mendapat larangan untuk diputar di Qatar.

Kontroversi ini berujung pada pencekalan dengan hastag berbahasa arab di emdia sosial dengan terjemahan #CekalBilal. Menurut mereka "Bilal" sama sekali tidak menyinggung tentang Nabi Muhhamad dalam film tersebut, bahkan mereka menganggap Bilal yang terhorman menjadi turun drajatnya akibat penayangan film ini.

Meski begitu, sebelum penayangannya film "Bilal" justru sudah diputar di Ajyal Film Festival di Qatar dan tidak menerima kendala dari pihak manapun, banyak yang mengatakan pencekalan ini adalah salah stau cara marketing untuk mengangkat fim tersebut.

BACA JUGA:

  1. Film Labuan Hati, Konflik Cinta dan Keindahan Labuan Bajo
  2. Belum Genap Sebulan Tayang, Film Train to Busan Capai 10 Juta Penonton
  3. Baru Dua Minggu Tayang, Film Train to Busan Raih 10 Juta Penonton
  4. Alur Cerita Dianggap Dangkal, Penonton Film Suicide Squad Kecewa
  5. Film 3 Srikandi Diharapkan Motivasi Atlet Muda Indonesia
#Festival Film Cannes #Film Bilal #Film Animasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan