Komunitas Banteng Muda Gelar Kompetisi Basket 'KBM Cup 3 Dekade 2017' Ketua KBM Banyu Biru dan Panitia KBM Cup berpose bersama usai konferensi pers. (Foto MerahPutih/Ponco)

Komunitas Banteng Muda (KBM) akan menggelar turnamen basket "KBM Cup 3 Dekade 2017“. Kejuaraan ini akan diselenggarakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan pada tanggal 8 April hingga 14 Mei 2017.

Kompetisi ini digelar untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota, serta mewadahi animo yang tinggi dari masyarakat yang pernah merasakan kompetisi pada waktu menempuh sekolah dan kuliah yang ingin tetap menjaga eksistensinya di dunia perbasketan.

Hal itu disampaikan, Ketua Umum Komunitas Banteng Muda, Banyu Biru Djarot pada konferensi pers yang dilaksanakan di Nusa Kopi, Jakarta Selatan, Senin (12/3).

"Filosofi dasar olahraga yang paling penting yaitu sportsmanship/sportivitas. Bertanding untuk kemudian bersanding. Siapapun pemenangnya diterima dengan legowo yang penting semua team up, team work bersatu padu untuk memenangkan tim masing-masing. Tapi nanti, siapapun yang terbaik, diakuin dan itu menjadi prestasi bersama," ujar Banyu.

Hal senada disampaikan Wibi selaku Ketua Bidang Pemuda & Olahraga KBM, menurut dia, tujuan "KBM Cup 3 Dekade 2017" ini untuk menciptakan sistem kompetisi yang sehat dan sportif antar peserta, membangun solidaritas antar alumni dengan menjunjung tinggi sikap sportif dan fairplay demi terciptanya silaturahmi dan persahabatan yang erat antar peserta.

"Buat menjalin hubungan baik antar anak muda, orang kantoran, mahasiswa dan membesarkan komunitas kita, Komunitas Banteng Muda. Sebenarnya di negara kita ini, yang bisa kita majukan selain pariwisatanya salah satunya olahraga, makanya kita bikin kompetisi bola basket KBM Cup," ucapnya.

KBM Cup 3 Dekade 2017 diselenggarakan bersama Gemilang Pro, yang dalam hal ini telah memasuki tahun ke -5 pelaksanaannya. Setiap event kompetisi basket ini diikuti oleh lebih dari 100 tim dari seluruh kategori Alumni SMA dan Perguruan Tinggi.

Pemilik Gemilang Pro, Ikhwanul Iwan, mengatakan, berawal dari komunitas basket yang "booming" pada tahun 1980 dan 1990-an dan hubungan silaturahmi yang masih terjaga dengan para penggemar olahraga basket. Ia berinisiatif membuat kompetisi basket dengan konsep 3 dekade.

"Jadi ada angkatan 80, 90 dan 2000-an. Ini ada beberapa kategori ya, ada SMA, ada perguruan tinggi. Sekarang ada tambahan dari perusahaan kita buat," kata pria yang telah menggeluti olahraga basket sejak tahun 80-an ini.

"Pesertanya kalau perusahaan sampai hari ini ada 24 tim lah. Kalo peruruan tinggi sekitar 20 tim. Komunitas diatas 30 tahun dapatt 7 tim. Terus kelompok umur 12 tahun dapatt 8 tim. Insya allah yang bergabung itu 60-70 tim lah," tambah Iwan.

Sementara itu Ketua Panitia "KBM Cup 3 Dekade 2017, Marcel Oehmke, mengatakan, bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini sebagai wadah menyalurkan kreatifitas pecinta bola basket dan merangkul pemuda -pemuda di Indonesia untuk menebarkan energi positif lewat olahraga.

"Harapan saya selaku ketua pelaksana, tentunya KBM Cup bisa menjadi trademark bagi kegiatan kepemudaan di jakarta dan di indonesia. Karena KBM sendiri bergerak dengan azas kebaikan, kreatifitas dan kemanusiaan," pungkasnya.

Komunitas Banteng Muda sendiri merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan independen, sebuah pergerakan pemuda yang telah mendapat pengesahan sebagai Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada tanggal 17 Maret 2015, yang bergerak di bidang kepemudaan dan olahraga, dengan semangat Trijiwa, yaitu Kebaikan, Kreatifitas dan Kemanusiaan.

Tahun ini, untuk pertama kalinya KBM Cup 3 Dekade 2017 akan diadakan kompetisi pertandingan antar Klub Bola Basket, antar Alumni Perguruan Tinggi dan antar Organisasi Kemasyarakatan/Komunitas, selain kategori Kelompok Umur 10 tahun dan 12 tahun dan antarperusahaan.

Acara konferensi pers dihadiri oleh Ketua Umum KBM Banyu Biru Djarot, Ketua Panitia Marcel Oehmke, Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Ahmad Wibi Prasetio, Andung Sarengat, Oki Agustandi, Anto Ceez, Yudhist, Beauty Lupita dan Ihcwanul Iwan selaku pengawas pertandingan merangkap penyelenggara Gemilang Pro dan beberapa anggota dan Pengurus DPP KBM.

Puncak acara KBM Cup 3 Dekade 2017 ini rencananya akan dilakukan pula coaching clinic untuk anak-anak pecinta basket usia 10-12 tahun, kompetisi Modern Dance antar SMU dan Perguruan Tinggi, 3 point contest, eksibisi organisasi dan Komunitas, serta pertandingan eksibisi KBM All Star Game dan All Star Artis/penggiat seni. (Pon)

Untuk membaca berita lain tentang Komunitas Banteng Muda (KBM) baca juga: Dukung Ahok-Djarot, KBM dan Sahabat Djarot Gelar Nobar



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH