"Kode-Kode Nusantara" Menguak Pengetahuan Ilmiah di Balik Budaya Indonesia Hokky Situngkir menjelaskan isi dari buku "Kode-Kode Nusantara" di Galeri Indonesia Kaya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Masih dalam peringatan Hari Buku Nasional setiap 17 Mei, Sobat Budaya—organisasi yang peduli dengan pendataan budaya Indonesia—meluncurkan sebuah buku yang merangkai kebinekaan di Nusantara secara ilmiah. Buku berjudul "Kode-Kode Nusantara" ini berisi temuan-temuan ilmiah di balik diversitas kebudayaan Indonesia. Berkolaborasi dengan Bandung FE institute, acara peluncuran buku dilakukan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, pada hari ini (18/5).

Tujuan dari buku ini adalah untuk menumbuhkan kembali semangat cinta Tanah Air melalui keragaman budayanya. Pemaparan penelitian kompleksitas dihadirkan dalam buku ini. Bahwa ternyata, ketika masyarakat mengetahui makna tersembunyi pada suatu budaya, ada pengetahuan-pengetahuan yang terkuak.

Itu artinya budaya mencakup hal yang kompleks, termasuk pengetahuan ilmiah, contohnya ilmu matematika yang terdapat dalam batik. Hal tersebut juga dijelaskan dalam buku, yaitu bagaimana ilmu matematika dapat terkait dalam pembuatan batik.

Hokky Situngkir, sang pengarang buku yang juga pembina dari Sobat Budaya, menjelaskan, "Semakin budaya bertahan, peluang orang mengetahui makna penting budaya itu akan semakin besar. Masyarakat, khususnya kaum muda, pasti akan lebih tertarik kalau tahu bahwa sebenarnya budaya juga berkaitan dengan ilmu pengetahuan modern."

Siti Wulandari, Ketua Umum Sobat Budaya, menambahkan bahwa pendataan budaya sungguh penting, mengingat masih banyaknya sumber pengetahuan budaya yang tersebar di Indonesia.

Buku berisi pengetahuan budaya-budaya Indonesia yang masih terpendam tersebut bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat atau secara online. Dijual seharga Rp85 ribu, buku ini cukup laris. Terbukti, dari 2.000 buku yang diterbitkan, sebanyak 1.400-nya sudah terjual.

Simak pula langkah Sobat Budaya dalam memperkenalkan kuliner Indonesia di sini: Sobat Budaya Buka Rahasia Kuliner Nusantara.



Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE