KH Ma'ruf Amin Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 24 Mei 2017
KH Ma'ruf Amin Dikukuhkan Jadi Guru Besar
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin (Foto dok. MUI)

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5).

Dalam pengukuhan yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo itu, KH Ma'ruf membacakan orasi ilmiah berjudul "Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyyah) sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia (Kontribusi Fatwa DSN-MUI dalam Peraturan Perundang-undangan RI).

Plt Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Mudjia Rahardjo mengatakan bahwa pihaknya memandang KH Ma'ruf Amin merupakan sosok yang memiliki keilmuan, komitmen, dan dedikasi yang tinggi untuk mengabadikan diri sebagai tokoh yang secara konsisten berjuang memberikan pencerahan sebagai ulama.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan atas kiprah beliau selama ini," kata dia.

Dia menambahkan bahwa KH Ma'ruf Amin merupakan sosok yang berita ulul albab yang memiliki kedalaman spritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional serta dilandasi oleh semangat ajaran dan nilai-nilai Islam.

"Beliau merupakan tokoh penting, ulama kontemporer, yang berperan dan berkarya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tandasnya.

Penganugerahan gelar profesor tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengembangan akademik dan peningkatan sumber daya manusia di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Berdasarkan UU 12/2012 pasal 72 ayat 5 tentang Guru Besar Tetap dan Tidak Tetap yang diperkuat dengan Permendikbud 40/2012 menjelaskan bahwa perguruan tinggi yang terakreditasi institusi A dapat mengusulkan pemberian penghargaan akademik kepada orang-orang berprestasi dan memiliki komitmen serta dedikasi untuk mengabdi kepada masyarakat baik secara individual maupun kelompok.

Sumber: ANTARA

#KH Ma'ruf Amin #MUI #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan