Entertainment Lainnya

Ketika Temanmu Makan Bersuara, Mungkin Kamu Mengalami Gangguan Ini

Ketika Temanmu Makan Bersuara, Mungkin Kamu Mengalami Gangguan Ini

Apakah MP Friends pernah risih ketika melihat seseorang yang sedang mengunyah makanan mengeluarkan bunyi? Atau saat Kalian sedang berada di bioskop mendengar napas seseorang mendesah keras?

Jika iya, berarti kalian menjadi salah satu orang yang menderita kelainan otak atau biasa disebut dengan misophonia.

Misophonia merupakan gangguan yang berarti si penderita memiliki kebencian terhadap suara seperti saat mengunyah makanan, bernapas keras, mengetik atau menulis berbunyi. Gangguan ini pertama kali disebut sebagai "kondisi" sejak tahun 2001.

Makan (Pinterest:bbc.com)
Makan (Pinterest:bbc.com)

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mencoba meneliti tentang misophonia, apakah itu merupakan sebuah penyakit medis atau bukan. Namun, menurut para ilmuan yang berasal dari tim di Universitas Newscastle, Inggris telah membuktikan bahwa orang-orang yang menderita gangguan misophonia memiliki perbedaan dalam otak mereka.

Selain itu, para ilmuwan mengatakan bahwa seseorang yang menderita misophobia akan mengalami perubahan dalam aktivitas otak ketika mendengar suara bising dan suara tersebut. Hal ini juga dapat menjadi pemicu untuk membangkitkan respon fisiologis tinggi, dengan perubahan detak jantung lebih meningkat dan berkeringat.

Makan yang berbunyi (Pinterest:The Wall Street Journal)
Makan yang berbunyi (Pinterest:The Wall Street Journal)

Para peneliti pernah mencoba menggunakan MRI atau Magnetic Resonance Imaging, untuk mengukur aktivitas otak dari seseorang yang mengalami atau tidak mengalami gangguan misophobia dengan mendengarkan berbagai suara.

Suara dikategorikan menjadi suara netral (hujan atau air mendidih), suara tidak menyenangkan (seseorang berteriak atau bayi menangis) dan suara yang dapat memicu otak (suara napas dan makan). Dari situ peneliti bisa menyimpulkan, yang menyebabkan adanya gangguan misophobia adalah suara napas dan makan.

Begitulah kira-kira, jika MP Friends merasa risih dan terganggu, jika seseorang yang berada di samping kalian sedang makan, namun berisik. MP Friends sedang merasa pilek? Ternyata olahraga menjadi salah satu fakta yang bisa sembuhkannya loh. Mau lebih jelas? Yuk baca: 5 Fakta Menarik Seputar Pilek

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami