Ketika Para Istri Pemimpin Negara Anggota IORA Dijamu Ibu Negara Iriana

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 07 Maret 2017
Ketika Para Istri Pemimpin Negara Anggota IORA Dijamu Ibu Negara Iriana
Iriana Widodo bersama para istri pemimpin negara anggota IORA. (Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi telah membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) atau Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia. Presiden didampingi Wapres Jusuf Kalla bersama beberapa kepala negara/kepala pemerintah memukul tifa secara bersamaan menandakan dimulainya KTT IORA secara resmi, di Jakarta Convention Center, Selasa (7/3).

Di sisi lain, selain kegiatan resmi para pemimpin negara anggota IORA di Jakarta, ada aktivitas resmi pula dari para istri kepala negara/kepala pemerintahan maupun ketua delegasi peserta KTT IORA. Kegiatan itu dipusatkan di Istana Kepresidenan Bogor.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku tuan rumah menyelenggarakan spouse program untuk menyambut para istri dari kepala negara/kepala pemerintahan maupun ketua delegasi empat negara, antara lain ada Madam Bongi Ngema-Zuma, istri dari Presiden Afrika Selatan. Madam Mwanamwema Shein, istri dari Wakil Presiden Tanzania, Madam Chew Poh Yim, istri dari Wakil Perdana Menteri Singapura, dan Madam Suleikha Ghalinle Osman, istri dari Wakil Perdana Menteri Somalia.

Iriana Widodo bersama para istri pemimpin negara anggota IORA. (Biro Pers Setpres)
Iriana Widodo (tengah) bersama para istri pemimpin negara anggota IORA. (Biro Pers Setpres)

Acara dimulai sekitar pukul 10 pagi WIB. Para undangan disambut oleh persembahan tarian gaba-gaba dari Provinsi Maluku. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan melukis oleh anak-anak SLB Karanganyar yang melukis foto masing-masing para istri dari kepala negara peserta KTT yang hadir di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor dan lukisan tersebut kemudian diserahkan oleh anak-anak itu kepada mereka.

Setelah menikmati jamuan minum teh di beranda belakang Gedung Induk Istana, Ibu Negara kemudian mengajak para tamunya untuk meninjau pameran batik dan mutiara yang berlokasi di Gedung Induk sayap kanan. Keempat istri kepala negara/kepala pemerintahan/ketua delegasi itu pun sempat belajar membatik bersama Ibu Iriana Jokowi.

"Tadi di pameran batik dan mutiara mereka semua tertarik dan suka. Yang tadinya tidak untuk dijual dan hanya untuk display, tapi mereka bertanya, 'saya boleh enggak beli ini?'" kata Yasmin Sukmawira Fachir, istri dari Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir yang mendampingi Ibu Negara dalam acara tersebut, seperti dikutip dalam keterangan tertulis Biro Pers Setpres kepada merahputih.com.

Iriana Widodo bersama para istri pemimpin negara anggota IORA. (Biro Pers Setpres)
Iriana Widodo bersama para istri pemimpin negara anggota IORA. (Biro Pers Setpres)

Acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan santap siang di ruang makan keluarga gedung induk Istana Kepresidenan Bogor. Jenis makanan yang dihidangkan antara lain asinan sebagai makanan pembuka, nasi putih dan merah, sate lilit, ikan dan udang sebagai makanan utama.

"Mereka suka makanannya. Saya jelaskan kepada Ibu Negara Afrika Selatan bahwa nasi merah itu less sugar, saya bilang bagus itu bisa dibawa pulang," ujar Yasmin Fachir.

Dalam jamuan santap siang itu, Iriana Jokowi sempat memberikan tutorial cara memakai hijab di Indonesia. Tak kalah dengan Ibu Negara Iriana, Ibu Negara Afrika Selatan pun menunjukkan kebolehannya dalam memakaikan penutup kepala khas Afrika Selatan kepada Ibu Iriana.

"Tadi Ibu Iriana memperkenalkan cara memakai kerudung di Indonesia, dan Ibu Iriana diajari cara memakai tutup kepala Afrika Selatan. Tadi istri Presiden Afrika Selatan yang memakaikan ke Ibu jadi saling tukar kain," ucap Ibu Yasmin.

Setelah jamuan santap siang selesai, Ibu Iriana kemudian melepas kepulangan para istri kepala negara/kepala pemerintahan peserta KTT IORA itu dengan memberikan cendera mata berupa batik dan bros mutiara yang dipakaikan langsung pada busana yang mereka pakai.

"Mereka sangat terkesan dengan hospitality kita baik dan bagaimana penyambutan kita kepada tamu asing mereka senang. Terakhir, Ibu Negara Somalia bilang ke saya katanya ingin kembali lagi ke Indonesia," kata Yasmin.

#Iriana Joko Widodo #Ibu Negara Iriana Widodo #Istana Bogor
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan