Kenalkan, Superhero Asli Indonesia di Komik Marvel dan DC (Ilustrasi: keprimedia.com)

Tentunya Anda kenal dengan karakter superhero di komik Marvel seperti Thor, Hulk, Ant-Man, Spider-Man, hingga Iron-Man; atau di komik DC seperti Superman, Batman, Hawkman, Catwoman, hingga The Flash. Nah, ternyata kedua produsen komik besar asal Amerika itu masing-masing punya karakter superhero asli Indonesia.

Pertama adalah karakter superhero Melati Kusuma yang dibuat oleh Marvel. Karakter ini digambarkan sebagai seorang wanita dengan bentuk fisik tidak sempurna karena kecelakan motor yang dialaminya. Beberapa bagian tubuh Melati pun harus diamputasi sehingga ia duduk di atas kursi roda. Seperti cerita di setiap superhero Marvel, Melati Kusuma pun akhirnya bisa menjadi superhero karena meminum formula genetika.

Melati Kusuma alias Komodo

Melati memang dikenal cerdas, ia menuntut ilmu hingga Empire State University. Formula yang ia minum merupakan formula milik Dokter Curt Connors yang merupakan guru Peter Parker yang juga menjadi salah satu musuh terberat Spider-Man. Hanya saja, formula tersebut telah dimodifikasi kembali oleh Melati sehingga ia terkena efek sampingnya.

Setelah meminum formula tersebut, Melati kembali mendapatkan kedua kakinya, tetapi tubuhnya berubah menjadi reptil. Melati bisa mengendalikan kondisi tubuhnya tersebut dan kembali menjadi manusia dengan konsekuensi kehilangan kedua kakinya. Akibat perubahan tersebut, Melati dijuluki Komodo, yakni kadal raksasa asli Indonesia. Ia tergabung dalam The Initiative bersama banyak superhero lain.

Setelah Melati Kusuma yang ada di komik Marvel, kita menuju komik DC dengan tokoh Sujatmi Sunowaparti alias Cascade yang merupakan anggota dari Global Guardian, yakni kelompok superhero dari berbagai negara. Dari namanya saja tentu anda tahu kalau Sujatmi adalah wanita kelahiran Jawa, Indonesia.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade

Di dalam komiknya, Sujatmi adalah sosok aktivis lingkungan hidup yang cukup vokal dan aktif melawan pemerintah lokal yang otoriter. Kekuatannya didapat setelah kecelakaan di Kalimantan tempat ia bekerja. Wanita yang memiliki rambut sebahu ini terkena radiasi Radioactive Isotope yang membangkitkan Metagene, yakni gen yang ada di tubuh manusia yang menjadi gen super bila terpicu sesuatu.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade ini memiliki kekuatan memanipulasi hingga mengendalikan air menjadi bentuk apapun, kekuatan tersebut bisa dibilang mirip dengan Aquaman. Cascade pertama kali diperkenalkan oleh salah satu anggota superhero Justice League, Martian Manhunter. Saat itu Global Guardian hampir dinonaktifkan, kehadiran Cascade diharapkan bisa memperkuat tim Global Guardians.

Sahabat Merahputih, itulah dua superhero asli Indonesia yang muncul di komik Marvel dan DC, cukup membanggakan bukan?

Selain artikel ini Anda juga bisa baca 10 Superhero Indonesia yang Tak Kalah dengan Superhero Hollywood


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE