Kemensos Siapkan Gudang Logistik Bencana di Tiga Kota

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 17 November 2016
  Kemensos Siapkan Gudang Logistik Bencana di Tiga Kota
Mensos Khofifah Indar Parawansa dan Puan Maharani saat pembagian PKH (Foto: MP/Dery Ridwansyah)

MerahPutih Peristiwa - Kementerian Sosial menyiapkan gudang logistik berskala nasional sebagai langkah antisipasi distribusi ke sejumlah titik rawan bencana. Tujuan gudang logistik itu yakni memudahkan penyaluran bantuan makanan ke daerah bencana.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat mengatakan gudang logistik tersebut ada di tiga titik yakni Bekasi, Palembang, dan Makasar.

"Kami sudah menyiapkan Gudang logitik berskala nasional kepada pengungsian dan dibangun di tiga titik Bekasi, Palembang, dan Makassar," ujar Harry saat ditemui di Kantornya Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/11).

Disamping itu, Harry menjelaskan dengan dibangunnya gudang logistik agar memudahkan untuk mendistribusi bantuan logistik ke daerah becana. Ia mencontohkan bila bencana terjadi di Sinabung maka gudang logistik terdekat adalah Palembang.

"Jadi bila kejadian bencana terjadi di Sumatera Kita enggak mungkin mengambil dari Bekasi, jadi bisa langsung dikirim dari Palembang agar proses pendistribusinya lebih cepat.

Harry Hikmat mengaku tahun depan Kementeriam Sosial juga menyiapkan kampung siaga bencana dengan mengoptimalkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sudah disetting di setiap titik-titik rawan bencana.

"Misalnya kita ingin di sepanjang sungai Bengawan Solo itu tersedia kampung bencana. Tapi sepanjang kali itu akan mulai bekerja dengan kampung untuk sediakan kampung siaga bencana di daerah Dayeuhkolot di Sungai Citarum kita juga mapping titik mana yang setiap tahun sering terjadi bencana," tandasnya.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Kemensos Beri Bantuan Dana kepada Anak Korban Kekerasan Seksual
  2. Kemensos Bagikan Alat Bantu Kesehatan untuk Veteran
  3. Kemensos Dorong Pengusaha Serap Pekerja Kaum Disabilitas
  4. Hiruk Pikuk Pilkada, Jangan Abaikan RUU Penyandang Disabilitas
  5. Penyandang Disabilitas Terdiskriminasi

 

#Bencana Alam #Gudang Logistik #Kementerian Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan