Kegiatan KIP Rusak Lingkungan, Nelayan Teluk Kelabat Lakukan Protes

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 22 September 2016
 Kegiatan KIP Rusak Lingkungan, Nelayan Teluk Kelabat Lakukan Protes
Sejumlah pantai di kawasan Bangka Belitung tercemar akibat aktivitas Kapal Isap Produksi (Foto: MP/Muchammad Yani)

MerahPutih Peristiwa - Penolakan demi penolakan terus terjadi atas aktifitas Kapal Isap Produksi (KIP) di Teluk Kelabat, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pasalnya, KIP yang berada di wilayah tersebut telah merusak lingkungan hingga perekonomian warga.

Hari ini, Kamis (22/9), ratusan warga dan nelayan Teluk Kelabat melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor PT Timah. Mereka menuntut tanggung jawab perusahaan tersebut lantaran dua KIP bernama KIP Galasa dan KIP Sentosa milik mitra PT Timah masih melakukan penambangan.

Pada aksi tersebut, terdapat beberapa tuntutan. Pertama meminta PT Timah mencabut SPK KIP mitranya yang beroperasi di wilayah Teluk Kelabat.

Pantai di kawasan Teluk Kelabat yang terkena aktivitas KIP (Foto: MP/Muchammad Yani)

"Kedua, mendesak PT Timah untuk melakukan rehabilitasi dan pemulihan atas kerusakan terumbu karang di wilayah Terentang khususnya Teluk Kelabat umumnya," kata Herman, seorang Nelayan yang ikut dalam aksi, Kamis (22/9).

Ketiga, PT Timah harus mematuhi surat himbauan dai Kementrian KKP, PS DKP, SPS, Gubernur, SK Bupati Bangka. Keempat, PT Timah tidak akan lagi melakukan aktifitas penambangan di Wilayah Teluk Kelabat untuk selamanya.

Namun, perwakilan PT Timah enggan menemui para demonstran. Padahal, aksi yang dilakukan oleh para demonstran adalah aksi damai.

Herman melanjutkan, bila keempat tuntutan tersebut tidak ditanggapi maka nelayan dan warga Teluk Kelabat akan melanjutkan aksi dengan berenang di laut Teluk Kelabat pada hari Sabtu mendatang.(Yni)

BACA JUGA:

  1. Aktivitas Kapal Isap Produksi Rusak Terumbu Karang di Bangka Belitung
  2. 30 Kapal Pesiar Luar Negeri Daftar Rangkaian Sail Karimata 2016
  3. Tim SAR Hentikan Pencarian Korban Tenggelamnya Kapal Pompong di Perairan Penyengat
  4. Kapal Tenggelam, 10 Orang Tewas di Tanjung Pinang
  5. Menteri Susi Apresiasi Penangkapan Kapal Tiongkok di Natuna
#Susi Pudjiastuti #Pencemaran Pantai #Bangka Belitung #Terumbu Karang
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan