Kawanan Rusa Turun ke Perkampungan Aceh Selatan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 16 Mei 2017
Kawanan Rusa Turun ke Perkampungan Aceh Selatan
Ilustrasi. (MP/Widi Hatmoko)

Masayarakat Gampong (desa) Jambo Papeun, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan dihebohkan dengan kawanan rusa turun ke perkampungan. Kawanan rusa tersebut keluar hutan diduga akibat tempat tinggalnya tergeser kegiatan manusia.

Harun (40), seorang petani di Gampong Jambo Papeun mengatakan, keberadaan kawanan rusa yang sering turun di kawasan gunung dekat perkampungan penduduk itu terjadi sejak kawasan hutan belantara daerah itu sudah banyak dirambah.

Keberadaan hewan langka yang dilindungi itu menarik perhatian warga. Binatang itu cukup susah ditangkap selama ini hidup di hutan belantara.

"Di atas sana (hutan belantara) sudah ramai orang datang. Baik orang yang mencari burung, rotan, kayu arit, membuka tambang emas, tebang kayu maupun membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)," katanya, Senin (15/5).

Masyarakat setempat sudah mulai menangkapnya dengan cara memasang perangkap di perkampungan. Menurut keterangan Harun, terhitung sejak beberapa bulan terakhir saja, masyarakat Jambo Papeun sudah berhasil menangkap beberapa ekor yang umurnya rata-rata sudah bertanduk cabang empat.

Untuk rusa yang umurnya sudah bertanduk cabang empat, kata dia, bisa dijual oleh masyarakat setempat seharga antara Rp1,5 juta sampai Rp2,5 juta. Penjualan itu bisa dengan cara diencer kepada konsumen dalam Kecamatan Meukek namun ada juga dibawa secara khusus ke Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Sumber: ANTARA

#Aceh #Hewan Langka
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan