Kapolda Metro Jaya: Tidak Ada Kekhawatiran Jelang Pencoblosan Sejumlah warga mengikuti simulasi Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta, Jumat (14/4). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan menegaskan tidak ada kekhawatiran terkait dengan keamanan dan ketertiban menjelang pemungutan suara pada Pilgub DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

"Tidak ada kerawanan yang dikhawatirkan karena kami sudah jaga semua," kata M Iriawan di Jakarta, Senin (17/4).

Saat ini, Iriawan menyebutkan, tidak ada elemen maupun organisasi masyarakat yang memberitahukan akan menggelar aksi bertepatan dengan pemungutan suara.

Iriawan mengungkapkan ada kegiatan elemen masyarakat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, namun tidak bertujuan mengacaukan situasi keamanan di Jakarta.

Namun, polisi jenderal bintang dua itu menyatakan, aparat keamanan tetap mengamankan dan mengantisipasi kegiatan masyarakat tersebut.

"Kami koordinasi dan diperintahkan kapolri terhadap massa yang akan datang ke Jakarta," ujarnya.

Iriawan mengatakan Polri dan TNI, termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, siap melaksanakan pemungutan suara Pilgub DKI Jakarta putaran kedua.

Kapolda Metro Jaya juga menuturkan pimpinan Polri telah mengeluarkan maklumat bersamaan dengan maklumat para kapolda di Pulau Jawa dan Sumatera terkait dengan indikasi massa yang hendak menuju Jakarta saat pemungutan suara pada 19 April 2017.

Iriawan mengaku telah berkoordinasi dengan Kapolda Jawa Timur terkait beredar informasi melalui media sosial tentang sejumlah massa akan menuju Jakarta.

"Ternyata mereka (massa) tidak berangkat mungkin satu atau dua orang, mungkin saja karena kegiatan di TMII," katanya.

Iriawan mengimbau warga DKI Jakarta agar tidak khawatir dan tetap beraktivitas secara normal saat hari pencoblosan karena Polri dan TNI dibantu elemen masyarakat siap mengamankan pilkada.

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE