Kanawa, Pulau Eksotis di Tengah Lautan Flores Kanawa, pulau eksotis di tengah lautan Flores yang layak Anda kunjungi. (Foto: tourism.nttprov.go.id)

Kekaguman Lola Amaria pada keindahan alam Pulau Kanawa di Flores, Nusa Tenggara Timur, mendorongnya untuk syuting film 'Labuhan Hati' di sana. Tak aneh bila produser sekaligus sutradara film yang dibintangi Kelly Tandiono itu jatuh hati pada Pulau Kanawa.

Eksotisme Kanawa terlihat pada laut dan alamnya. Terletak sekitar 15 Kilometer dari Labuan Bajo, pulau ini dapat ditempuh dari Jakarta atau Bali menggunakan pesawat yang ke Labuan Bajo.

Dari Labuan Bajo, Sahabat MerahPutih dapat menyewa kapal dengan waktu tempuh sekira 1 jam. Setibanya di Kanawa, Anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih, birunya laut yang dibatasi warna hijau kebiruan di bibir pantai, dan udara yang nyaris tanpa polusi.

Selanjutnya, Anda tinggal pilih aktivitas yang ingin dilakukan. Snorkeling, diving untuk melihat keindahan bawah laut atau trekking di bukit.

Tak usah repot membawa perlengkapan snorkeling karena banyak yang menyewakan peralatan tersebut. Selama di Kanawa, Anda dapat puas melihat terumbu karang, koral, kura-kura, bintang laut dan aneka anemon laut lainnya. Menjelang sore, saat air laut surut, Anda dapat mengambil bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai.

Di sisi kanan pulau seluas 32 hektare ini ada sisa ganggang merah yang menjadikan pantai di sana terlihat berwarna pink. Jadi, Anda tak usah jauh-jauh ke Bahama hanya untuk melihat pantai pink.

Baca juga Menteri Rini Soemarno Resmikan Penerbangan Jakarta-Labuan Bajo.



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE