Jokowi Akan Ikuti Debat Umum di KTT IORA

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 07 Maret 2017
Jokowi Akan Ikuti Debat Umum  di KTT IORA
Prsiden Jokowi bersama dengan Presiden Yaman Abdrabbuh Mansur Hadi. (FOTO Antara/Wahyu Putro A)

Puluhan kepala negara dan kepala pemerintahan peserta KTT Indian Ocean Rim Assosiation (IORA) di Jakarta Convention Center (JCC), disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (7/3) pagi ini. Dalam kesempatan ini, Jokowi juga dijadwalkan mengikuti debat umum, adopsi dan penandatanganan the IORA Concord and Signing of the IORA Concord bersama para pemimpin negara anggota IORA.

Jokowi juga dijadwalkan melakukan jamuan makan siang untuk menghormati kepala negara-kepala pemerintahan Anggota IORA. Selain itu juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan kepala kemerintahan.

Sebelumnya Menlu Retno Marsudi menyebutkan KTT IORa akan dihadiri 21 negara anggota, tujuh mitra wicara. Dari 21 negara, empat di antaranya merupakan anggota G-20. Enam dari tujuh mitra wicara adalah juga anggota G20.

Menlu menyebutkan dengan melihat komposisi anggotanya maka separuh dari negara yang ada di IORA, separuhnya merupakan anggota G20.

Menurut Menlu, KTT IORA merupakan salah satu forum penting untuk menjamin keamanan di sekitar lingkar Samudra Hindia. Selain itu juga forum untuk menggerakkan potensi ekonomi.

"Sebagai gambaran pentingnya kawasan lingkar Samudera Hindia adalah jumlah penduduk mencapai 2,7 miliar orang, dilalui setengah dari kontainer dunia, sepertiga kargo dunia, dua pertiga shipment energi dunia," kata Retno Marsudi seperti dilansir Antara.

Ia menyebutkan Indonesia menjadi tuan rumah KTT IORA karena ingin menunjukkan kepemimpinan Indonesia di lingkar Samudera Hindia.

"Ini merupakan satu rangkaian leadership yang ingin dimainkan Indonesia di berbagai kawasan. Di Asia kita sudah bermain, juga di Pasifik, maka kita ingin bermain juga di lingkar Samudera Hindia yang selama ini belum ada satu governance yang bagus sehingga leaedehip Indonesia akan tunjukkan di KTT ini," paparnya.

Ia menyebutkan ada enam prioritas IORA yaitu keamanan dan keselamatan maritim, fasilitas perdagangan dan investasi, manajemen risiko bencana, manajeman perikanan, akademi dan iptek serta pariwisata dan pertukaran budaya.

#Presiden Joko Widodo #Yaman #KTT ASEAN
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan