JIExpo Criterium Diikuti Pebalap Kelas Dunia Ratusan peserta JIExpo Criterium (foto: jiexpocriterium.com)

Event balap sepeda yang diikuti pebalap internasional JIExpo Criterium 2017 kembali digelar pada 14-16 April 2017 lalu. Acara ini dilangsungkan di lintasan balap Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Event ini diikuti pebalap kelas dunia Christian Meier. Christian Meier adalah pebalap internasional yang pernah mengikuti Tour de France.

Prajna Murdaya, Managing Director PT Jakarta International Expo yang juga Ketua Penyelenggara JIExpo Criterium, mengatakan penyelengaraan JIExpo kali ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sukses menyelenggarakan JIExpo Criterium pada 2014 dan 2016.

"Selain menyelenggarakan ajang balap criterium, kita juga menggelar kegiatan rutin balap sepeda lain seperti JIExpo Cycling Student Challenge, serta Badak Cup," ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (15/4).

Prajna menjelaskan event balap sepeda kali ini menggunakan dua lintasan balap: short track dan long track. Pada lintasan short track para pembalap akan menempuh jarak 2,28 kilometer/lap sementara, long track akan menempuh jarak 3,98 kilometer per lap dengan hadiah total mencapai ratusan juta rupiah.

Ajang ini didukung beberapa pihak diantaranya Union Cycliste International (UCI) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga balap sepeda dan juga Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang merupakan federasi cabang olahraga balap sepeda di tanah air.

Sebagai informasi ajang JIExpo Criterium ini juga sudah terdaftar dalam kalendar event UCI. Hal ini menandakan bahwa JIExpo Criterium sudah diakui oleh di dunia balap sepeda baik nasional maupun internasional.

Dengan diselenggarakannya JIExpo Criterium 2017 ini merupakan kabar yang sangat baik bagi para penggemar olahraga bersepeda di Indonesia khususnya di Jakarta. Ajang JIExpo Criterium 2017 ini diharapkan akan membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya sepeda sebagai suatu media transportasi dan olahraga.



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE