Jelang Tingalan Jumenengan Keraton Solo Dipercantik Seorang petugas sedang melakukan pengecatan di tembok gapura Gladak, Kamis (20/4). (MP/Raditya Erwiyanto)

Jelang Tingalan Jumenengan, kawasan Keraton Kasunanan Solo mulai dipercantik dengan mengecat sejumlah tembok yang ada di sekitar keraton. Tak hanya itu, untuk menambah kecantikan keraton, pemerintah kota Solo pun diberi pot bunga dan memasang beberapa janur sebagai penanda bagi orang Jawa akan mengadakan hajatan.

Pantuan Merahputih.com, Kamis (20/4), tembok yang dicat tak hanya di kawasan keraton. Namun, mulai radius 2 kilometer memasuki keraton juga mulai dipercantik, seperti gapura Gladak.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menerangkan bahwa semua kawasan memang dipercantik. Tidak hanya pintu masuk, namun pintu keluar juga.

“Semua akan kita tata, tembok yang kusam kita cat, kawasan yang kotor kita bersihkan. Mulai dari kawasan Gapura Gladak hingga kawasan Kori Kamandungan,” kata Hadi, Jumat (21/4).

Rudy juga menambahkan, sejumlah dinas dikerahkan dalam kegiatan ini, seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan lainnya.

Selain itu, tampak pula sejumlah kendaraan taktis milik kepolisian yang berada di sana seperti baracuda, water canon. dan masih banyak lainnya.

Tingalan Jumenengan sendiri merupakan kegiatan tahunan Keraton sebagai penanda naiknya tahta. Bagi masyarakat Jawa, Tingalan Jumenengan adalah salah satu leluri yang sangat disakralkan dan memiliki makna penting.

Ulasan ini berdasarkan laporn Win kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca berita terkait kota Solo lainnya di: Festival Jenang Solo Siapkan 24.000 Takir Untuk Pengunjung


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE