Jelang Sidang Ahok, Satu Orang Saksi Meninggal  Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis  (01/12). (Foto: MerahPutih/Dery Ridwansah)

MerahPutih Indonesia - Tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani sidang lanjutan dugaan penistaan agama di Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Hari ini sidang menghadirkan enam saksi dari pihak jaksa.

Keenam saksi tersebut yakni Habib Novel Chaidir Hasan, Habib Muchsin, Gus Joy Setiawan, Muhammad Burhanuddin, Syamsu Hilal, dan Nandi Naksabandi. Namun, Nandi Naksabandi sudah meninggal dunia pada 7 Desember 2016 lalu. Sehingga hanya lima orang yang akan bersaksi di sidang ini.

"Seharusnya ada enam saksi, tapi salah satu saksi yaitu Nandi meninggal dunia pada 7 Desember lalu," ujar Anggota tim advokasi dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) Dedi Suhardadi kepada awak media di luar ruangan sidang, Jakarta Selatan, Selasa (3/1). Menurutnya Habib Novel menjadi saksi pertama yang memberikan kesaksian.

Habib Novel, yang merupakan Sekjen DPD FPI Jakarta, mengklaim membawa bukti-bukti untuk memberatkan Ahok. Selain itu, dia mengklaim membawa 2.000 pendukung.

"Oh saya bawa data lengkap. Data dari rekam jejak Ahok. Saya kan menjabat FPI dari tahun 2012 sebelum Ahok jadi wakil gubernur. Kampanyenya saat itu saja sudah bermasalah," katanya sebelum sidang.

Sementara itu, suasana di luar ruang sidang sempat ricuh. Karena, Ketua majelis hakim, Dwiarso Budi Santiarto melarang jalannya sidang disiarkan secara langsung.

"Persidangan ini tidak live, untuk itu kameramen dipersilakan keluar, di ruangan ini hanya wartawan cetak dan tulis dan reporter. Silakan," katanya tegas.

Tapi, polisi melarang semua wartawan meliput jalannya sidang. Akibatnya, terjadi keributan antara wartawan dengan polisi.

Ahok dilaporkan oleh GNPF-MUI dan sejumlah ormas Islam terkait ucapannya yang diduga mengandung penistaan agama terkait surat Al Maidah ayat 51 saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Seribu. Baca juga berita terkait di sini Sidang Ahok Masuk Trending Topik Hari Ini.



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE