Jalan-jalan Sejarah ke Petilasan Selo Gilang Bantul

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 04 Maret 2017
Jalan-jalan Sejarah ke Petilasan Selo Gilang Bantul
Petilasan Selo Gilang, Bantul (MP/Fredy Wansyah)

Yogyakarta merupakan bukti kokohnya kerajaan Mataram Islam. Bahkan, masih memiliki kuasa hingga saat ini.

Untuk melihat awal perjalanan berdirinya Mataram Islam, Anda wajib singgah di destinasi wisata ini, yakni Petilasan Selo Gilang. Petilasan ini dikenal sebagai tempat Panembahan Senopati menerima wahyu.

Panembahan Senopati merupakan seorang pangeran dari Kerajaan Pajang. Ia mendirikan kerajaan Mataram yang berpusat di Kotagede, dengan memanfaatkan hibah tanah dari pimpinan Kerajaan Pajang.

Tempat Penembahan Senopati
Lokasi Penembahan Senopati menerima wahyu (MP/Fredy Wansyah)

Petilasan Selo Gilang merupakan tempat reflektif Panembahan Senopati. Petilasan ini biasa disebut juga sebagai petilasan Gilanglipuro. Lokasinya berada di wilayah Gilangharjo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta. Posisinya sekitar 300 meter selatan dari Kantor Kelurahan Gilangharjo atau 350 meter dari Jalan Raya Samas.

Petilasan ini berwujud batu berbentuk balok persegi panjang, lebar sekitar 1 meter dan panjang 2 meter, tebal atau tingginya sekitar 50 cm. Untuk melindungi serta menjaga petilasan tersebut, dibuat bangunan layaknya rumah kecil seukuran sekitar 3×3 meter persegi.

Bejana di Petilasan Selo Gilang
Dua Bejana di Petilasan Selo Gilang (MP/Fredy Wansyah)

Hingga kini, tempat bersejarah ini berada di bawah pengawasan keraton Ngayogyakarta. Penjagaannya diserahkan kepada abdi dalem keraton. Tidak ada pungutan biaya masuk di sini. Hanya saja, bagi yang bersedia, disediakan kotak sumbangan wisatawan.

Artikel ini ditulis berdasarkan laporan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Wisata Sejarah #Yogyakarta #Bantul
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan