Jalan-jalan ke Museum Polri Bersama Susan Bachtiar Merahputih.com/Rizki Fitrianto

Masih ingat dengan Kuis Galileo? Kuis yang tayang di SCTV sempat menjadi acara yang menghibur dan edukatif di akhir tahun 90-an hingga pertengahan 2003. Saat itu salah satu pemandu Kuis Galileo adalah Susan Bachtiar. Wanita kelahiran Jakarta, 2 Mei 1973 itu tampak lihai membawakan acara kuis.

Nah, di salah satu kesempatan, merahputih.com mengajak Susan Bachtiar untuk berjalan-jalan ke Museum Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, persis satu gedung dengan Markas Besar Polri.

Di sana, ibu satu anak ini tampak mengagumi benda-benda bersejarah yang dipakai Polri dari dulu hingga sekarang. Terdapat sepeda ontel, motor tua, hingga senjata api seperti pelontar mortir YU 60mm yang dipajang begitu rapi di lantai satu.

"Terus terang ini baru pertama kali saya pergi ke Museum Polri. Dan baru tahu di sini ada museum seperti ini, di mana pada saat masuk kita bisa belajar sejarah Polri pada zaman dahulu sampai sekarang. Jadi melihat kemajuan mereka," ucap Susan kepada Merahputih.com usai melihat isi museum tersebut, Kamis (18/5).

Merahputih.com/Rizki Fitrianto

Perempuan yang bermain di film Surat Kecil untuk Tuhan melanjutkan banyak hal yang bisa dipelajari saat ia masuk ke Museum Polri. Terlebih akses menuju Museum Polri cukup mudah karena berada di tengah kota.

"Pada dasarnya yang namanya museum itu sangat penting, kenapa? Karena, untuk generasi muda kita terutama, mereka harus tahu sejarah negara. Sejarah orang-orang yang memang melayani negara ini, salah satunya polisi, buat saya penting banget," katanya.

Museum Polri sendiri pertama kali dibangun atas inisiatif mantan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri di tahun 2009. Terdapat tiga lantai yang setiap lantainya pengunjung bisa mempelajari sejarah hingga peralatan yang Polri gunakan.

Soal biaya, masuk ke museum ini tidak dipungut sepersen pun. Anda hanya memberikan jaminan tanda pengenal dan mengisi buku tamu. Selain itu, jangan lupa membawa kamera. Anda bisa berfoto karena museum ini cukup instagrammable. Artis saja mau datang ke museum, masa Anda tidak?

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Yuk Mengenal Polri Di Museum Polri.



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE