Jaga Kulit Sehat, Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini (Ilustrasi: Pinterest)

Tahukah Anda, salah satu faktor kuat yang memengaruhi kecantikan kulit adalah jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya? Bagi para wanita yang ingin menjaga agar kulit tetap terlihat sehat dan cantik, sebaiknya mulai perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kurang baik untuk kulit Anda, seperti dilansir dari timesofindia.

1. Makanan yang mengandung banyak gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat merusak kolagen kulit. Akibatnya, kulit cepat kendur, timbul kerutan pada wajah, dan keriput menjadi lebih parah. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula tentunya membahayakan kesehatan tubuh Anda karena memicu timbulnya penyakit diabetes.

2. Makanan olahan

Berhati-hatilah mengonsumsi makanan olahan, karena banyak makanan olahan yang dijual saat ini mengandung bahan kimia dan bahan pengawet, yang berpotensi mendorong timbulnya peradangan. Ketika peradangan memengaruhi sistem kekebalan tubuh, kulit dapat terlihat bengkak, merah, dan bernoda.

3. Makanan yang terbuat dari tepung

Beberapa jenis tepung tidak mengandung nutrisi untuk tubuh, tetapi justru membuat insulin naik dan meningkatkan hormon stres. Hal ini akan berpotensi memicu munculnya jerawat, kulit kusam, dan sensitivitas pada kulit.

4. Makanan yang terbuat dari produk olahan susu

Susu memang baik bagi tubuh, namun beberapa produk susu jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kulit. Konsumsi berlebihan produk seperti keju, es krim, dan yang lainnya dapat mengganggu aktivitas hormonal yang bisa memicu timbulnya jerawat, keriput, pigmentasi, dan masalah kulit lainnya. Untuk tetap mendapat asupan kalsium yang cukup, Anda bisa mengonsumsi bayam yang mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan susu.

5. Makanan yang mengandung kafein

Mengonsumsi kafein bisa membuat tubuh dehidrasi, hal ini akan berdampak nyata pada elastisitas kulit. Kulit Anda pun akan terlihat kendur dan berkerut. Jika Anda merasa tak bisa mengurangi kebiasaan minum kafein, perbanyaklah mengonsumsi air putih untuk menjaga tubuh dan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

Nah, semoga info di atas bermanfaat untuk Sahabat Merahputih. Ingin tampil cantik memang tidaklah mudah namun, menjaga kecantikan kulit kita itu sangatlah penting. Lihat juga info kecantikan lainnya di sini: 5 Tips Tetap Tampil Cantik dan Segar di Saat Lembur.



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE