Jadi Favorit Warga Bandung, Sate Mbok Ayu Habiskan Lebih dari 300 Tusuk per Hari Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)

Menyusuri ruas Jalan Cisangkuy, Bandung, sudah waktunya sahabat MerahPutih lupakan sejenak program diet yang sedang dijalani karena saat berkunjung kesini terdapat deretan cafe dan pedagang makanan kaki lima yang dijamin akan membuat program diet Anda gagal. Apalagi jika Anda melewati Sate Mbok Ayu yang ada persis di depan Yoghurt Cisangkuy.

Aroma sate yang sedang dibakar sungguh menggoda. Sate andalannya adalah sate jando. Jando adalah gajih yang terletak di bagian punuk atau tulang rawan sapi. Jando untuk sate yang dipotong dengan ukuran besar dan bertekstur kenyal ini dijamin akan membuat sahabat MerahPutih ketagihan untuk mencicipinya.

Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)
Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)

Menurut Hani, puteri Mbok Ayu, pemilik kedai sate ini, sate jando menjadi favorit para pembeli selain sate ayam dan sate sapi. "Dalam sehari, saya bisa menjual sekitar 300 tusuk sate di sini," ungkap Hani.

Sate-sate yang dijual di kedai sate Mbok Ayu telah melalui proses perebusan selama 20 hingga 30 menit. "Tergantung keras atau tidaknya jando," tambah Hani.

Sementara bumbu yang dimasukkan saat merebus adalah bumbu bacem. Untuk sate, ia kadang membuat stok. Namun, di akhir pekan, saat pesanan banyak dan kehabisan stok, Hani biasanya menambah stok secara dadakan.

Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)
Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)

"Kalau stok habis, saya lari dulu ke pedagang daging di dekat Pusdai untuk membeli jando," terangnya.

Yang membutuhkan waktu cukup lama adalah proses pembuatan lontong. Hani memerlukan waktu hingga 8 jam untuk merebusnya. Maka tidak heran kalau lontong Mbok Ayu awet hingga 3 hari. Lontongnya juga dibuat dengan ukuran besar.

Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)
Sate Mbok Ayu di Bandung (MP/Rina Garmina)

Resep sate dan lontong ini diperoleh secara turun menurun dari Mbok Ayu. Gimana apakah sahabat MerahPutih tertarik untuk mencicipi sate jando Mbok Ayu? Datang saja ke Yoghurt Cisangkuy, Bandung. Kedai sate ini terletak di depannya, namun Anda dapat menikmatinya di dalam kafe.

Satu porsi Sate Jando Mbok Ayu dihargai Rp30 ribu. Akan tetapi, Anda bisa memesan setengah porsi jika takut terlalu kenyang.

Berita ini berdasarkan laporan Rina Garmina, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Dapatkan informasi lainnya dari Bandung dalam artikel: 5 Makanan Ini Wajib Anda Cicipi Saat Mampir ke Jalan Cisangkuy Bandung.



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE