Inilah Syarat Bangun Rumah Tahan Gempa Rumah tahan gempa (Istimewa)

Memiliki rumah tahan gempa tentunya menjadi perhatian penuh bagi semua kalangan masyarakat. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah yang memiliki potensi besar gempa.

Konsultan Dast Arkitek Reza Kaedy mengatakan kebanyakan rumah yang berada di Indonesia tidak memakai ahli sturktur bangunan untuk membuat sebuah perhitungan dalam membangun rumah tahan gempa.

"Biasanya ahli struktur bangunan lebih banyak membuat perhitungan dan menyusun besi-besi pondasi rumah tahan gempa dan sering kali selalu berkolaborasi dengan arsitek sesuai dengan desain rancangan," kata Reza saat ditemui merahputih.com, di Jakarta, Rabu (4/1).

"Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun rumah tahan gempa memang tidak sedikit. Meski mahal, kualitas bangunan juga terjamin," tuturnya.

Alumnus Universitas Trisakti Jurusan Arsitektur ini juga memberikan persyaratan membangun rumah tahan gempa. Berikut ini sembilan syarat membangun rumah tahan gempa:

1. Perhatikan struktur tanah yang stabil, mengingat tanah sebagai penerus getaran saat terjadi gempa sebisa mungkin membangun rumah diatas struktur tanah yang stabil.

2. Rancangan Rumah sesuai dengan denah bangunan sederhana, sebaiknya rancanglah rumah dengan denah sederhana.

3. Pondasi, kondisi rumah harus berdiri di tanah yang stabil, begitu pula dengan pembuatan pondasi juga haru diletakkan pada tanah yang stabil atau keras.

4. pada setiap luasan dinding 12 m2 harus dipasang kolom, bisa menggunakan bahan kayu, beton bertulang, baja, plester atau bambu.

5. Rumah harus dipasang balok pada sekeliling bangunan yang diikat dengan kolom sehingga kerangka bangunan dapat terikat dengan kokoh dan kaku.

6. Pada bagian atap rumahnya anda bisa menggunakan kayu yang kering atau baja ringan sebagai konstruksi kuda-kudanya.

7. Pilihlah bahan dinding dengan bahan ringan seperti papan berserat, papan berlapis dan ikat kencang dinding tersebut dengan kolom.

8. Untuk membuat rumah dengan kokoh perhatikanlah bahan spesi/adukan, beda adukan semen juga hasil kekuatan bangunan karena setiap jeis tras, pasir dan semen mempunyai sifat yang berbeda.

9. Bangunan tahan gempa memiliki komponen-komponen yang terikat antara satu dengan yang lainnya baik antara komponen struktural maupun non struktural.


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu