Inilah Rute-rute ke Puncak Becici

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Jumat, 17 Maret 2017
Plang penunjuk beraksara Jawa (bh.blog)

Tempat wisata Puncak Becici, Bantul, DI yogyakarta, merupakan destinasi alam pinus terbaik untuk menikmati pesona sekitarnya dari ketinggian. Ternyata, selain karena memang menyuguhkan pesona yang elok, Puncak Becici juga terbilang tak jauh dari Kota Yogyakarta.

Kawasan hutan pinus bernama Hutan Sudimoro ini dikelola oleh RPH Mangunan, terletak tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan.

Untuk menuju ke lokasi, ada dua rute pilihannya jika dari arah Kota Yogyakarta. Pertama, rute Kota Yogyakarta-Pinus Mangunan Dlingo. Dari kota, ambil jalan menuju Ringroad Selatan, lalu ke Jalan Imogiri Timur. Lurus terus hingga menemukan petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan, kemudian belok kiri ke arah hutan pinus.

Plang informasi HTM ke Puncak Becici (MP/Fredy Wansyah)

Setelah melalui hutan pinus ini, akan menemukan pertigaan pertama, kemudian ambilah jalan kekiri. Dari sini akan mendapati papan penunjuk arah menuju Puncak Becici.

Rute kedua, Kota Yogyakarta-Jalan Wonosari. Dari kota, ambil jalur ke Ringroad Barat. Lalu ke Jalan Wonosari. Ikuti jalan tersebut sampai melewati Piyungan, hingga ke Bukit Bintang. Dari sana akan ketemu Perempatan Pathuk. Dari perempatan itu lalu belok kanan ke arah Dlingo dan ikuti jalan utama hingga bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro. Terakhir, ikuti papan petunjuk menuju Puncak Becici.

Setelah sampai, jangan lupa bayar retribusi Rp 2 ribu. Pungutan retribusi di sini terbilang masih baru. Sebelumnya, kawasan wisata ini tanpa retribusi.
Sementara biaya parkir motor sebsar Rp 3 ribu. Biaya parkir mobil Rp 10 ribu dan bus Rp 20 ribu.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.

#Wisata Yogyakarta #Puncak Paralayang Parangtritis #Bantul
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.