Inilah Resep Rahasia Nasi Uduk Betawi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 25 Maret 2017
Inilah Resep Rahasia Nasi Uduk Betawi
Nasi uduk betawi. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Nasi uduk merupakan salah satu kuliner tradisional asal Betawi yang familier di masyarakat Indonesia. Karena rasanya yang gurih dan lezat, kudapan ini kerap dijadikan menu favorit masyarakat Jakarta, Depok, dan sekitarnya pada pagi hari.

Cara pengolahannya pun terbilang sederhana, hanya menggunakan nasi putih yang ditanak dengan santan kelapa dan diberi penyedap berupa daun salam, daun sereh, jahe, kencur, dan garam.

Meski demikian, ada beberapa resep rahasia yang justru membuat nasi uduk Betawi menjadi khas dan sedikit lain. “Biasanya warna nasi uduk berwarna putih. Namun, nasi uduk betawi justru memiliki warna yang agak butek,” kata pemilik Kedai Nasi Uduk Betawi Jengkol Bewe, Solihin (34) di Jalan Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, Sabtu (24/3).

Adapun rempah-rempah tambahan yang digunakan oleh Solihin adalah cengkeh, kayu manis, dan kunyit. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa proses pembuatan nasi uduk betawi justru memakan waktu lumayan lama dari biasanya.

Karena itu pula, Solihin mengatakan bahwa cita rasa nasi uduk betawi asli akan jauh lebih enak dan juga tahan lama. “Rasanya jelas berbeda dengan nasi uduk biasa dan juga tahan lama. Nasi uduk betawi diaronnya sampai 6 kali. Kalau yang biasa, hanya sekali. Karena itu, rasanya jadi berbeda,” katanya.

Rahasia itu, Solihin mengaku diperoleh dari wejangan sang mertua yang juga ahli kuliner tradisional Betawi sebelum ia mendirikan kedai tersebut.

Selain itu, campuran lain yang mesti diperhatikan saat membuat nasi uduk betawi adalah mengolah lauk pelengkapnya. Pemilihan lauk yang pas tentu akan semakin menambah rasa lezat saat menyantap nasi tersebut.

“Yang paling penting adalah jengkol. Setelah itu, sambal juga kudu diperhatikan. Kudu yang benar-benar pedas. Dan boleh juga dicampur dengan bihun, kentang balada, telur, dan ayam,” tandasnya.

Berikut juga merahputih.com merangkum resep nasi uduk Betawi dengan bumbu rempah asli tradisional:

Bahan Bumbu Nasi Uduk Betawi

- 3 buah bunga pala
- 7 biji cengkeh
- 2 ruas jari kayu manis
- ½ biji pala, lalu memarkan
- 1 ruas lengkuas, alu memarkan
- 3 batang serai, lalu memarkan
- 1 ruas jari jahe, lalu memarkan


Cara Membuat Nasi Uduk Betawi

1. Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan beras, lalu untuk membuat hasilnya teksturnya lembut, beras dapat direndam selama 30 menit, kemudian tiriskan lalu kukus hingga 30 menit, sisihkan

2. Lanjutkan dengan merebus santan hingga mendidih kemudian masukan kayu manis, lengkuas, bunga pala, cengkeh, sereh dan juga jahe. Masak hingga santan menjadi harum

3. Setelah itu, campurkan beras yang sudah anda kukus dengan santan kelapa kental tanpa menggunakan api, kemudian aduk rata dan air sudah mulai meresap

4. Lanjutkan dengan mengukus nasi, kurang lebih hinga 40 menit, angkat .

5. Sajikan ketika hangat dengan tambahan sambal kacang, semur jengkol dan tahu-empekentang balada, telur, ayam, empala, daging sapi, daging kambing, usus, atau tempe.

Bagaimana, Anda ingin mencoba nasi uduk Betawi yang khas dengan bumbu rempah tradisional yang gurih dan lezat? Untuk mengikuti artikel lainnya yang bisa dijadikan referensi Anda setelah olahraga pagi, baca juga: 5 Jus Sayuran Ini Baik Diminum Setelah Berolahraga

#Kuliner Tradisional #Kuliner Betawi #Nasi Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan