Inilah Nama-nama Sumur Tujuh Cikajayaan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 31 Agustus 2016
Inilah Nama-nama Sumur Tujuh Cikajayaan
Sumur Tujuh Cikajayaan (Foto: MP/Fredy WP)

MerahPutih Wisata - Sumur Tujuh Cikajayaan merupakan salah satu destinasi wisata religi yang menarik di Kabupaten Kuningan. Selain karena sejarahnya, sumur yang berjumlah tujuh itu memiliki kisah misteri yang masih dipegang warga sekitar hingga saat ini.

"Satu-satu sumur ini ada manfaatnya. Macam-macam. Tergantung tujuannya apa. Contohnya, orang jualan, akhirnya bisa ketemu usahanya," papar Wajit, juru kunci Sumur Tujuh Cikajayaan saat berbincang dengan merahputih.com di lokasi, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, baru-baru ini.

Setiap waktu tertentu, menurut Wajit, selalu ada saja yang mengunjungi sumur-sumur tersebut untuk mendapatkan wangsit. Masing-masing yang mendatangi sumur sesuai tujuannya. Pasalnya, tidak semua sumur sama. Tiap-tiap sumur memiliki nama.

"Yang satu sumur sikajayaan, kedua sumur keselamatan, ketiga sumur si kahuripan, keempat si gajah barong, kelima sumur kumis, keenam sumur gajah putih, ketujuh sumur si gajah tunggal," paparnya.

Sumur Tujuh Cikajayaan selalu ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata religi. Letaknya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tak jauh dari Telaga Biru, sekira 700 meter. Namun, bila perjalanan dari Kota Kuningan, memakan waktu sekitar 45 menit. Sementara dari Kota Cirebon sekitar 1 jam lebih. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Wisata Religi ke Sumur Tujuh Cikajayaan Yuk
  2. Wisata Ke Curug Sidomba, Air Terjun di kaki Gunung Ciremai
  3. Desa Wisata Sitonjul Tawarkan Suasana dan Keaslian Budaya
  4. Tiap Bulan, 100 Wisatawan Asing Kunjungi Gedung Perjanjian Linggarjati
  5. Pemkab Jogja Diminta Gandeng Warga Munculkan Potensi Wisata
#Wisata Kuningan #Sumur Tujuh Cikajayaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan