Inilah Keuntungan Mendongeng Bagi Orang Tua dan Anak Kak Seto saat diwawancarai (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Seiring berjalannya waktu, kegiatan mendongeng mulai dilupakan oleh para orang tua. Saat ini orang tua lebih memilih memberikan anak sebuah gadget dibandingkan berinteraksi dengan menceritakan dongeng.

Padahal, jika ditelaah lebih dalam, banyak keuntungan yang didapat bila orang tua sering menceritakan dongeng kepada sang anak. Hal tersebut pun dibenarkan oleh seorang psikolog anak, Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto.

Kak Seto saat diwawancarai (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Menurut kreator dari karakter Si Komo ini, kebiasaan mendongeng bisa membuat hubungan antara orang tua dan anak menjadi lebih dekat. Dengan begitu seorang anak akan lebih memilih curhat untuk menceritakan peristiwa sehari-harinya ke orang tua dibandingkan ke orang lain.

"Selama ini orang tua susah berkomunikasi dengan anak. Dampaknya dari mulai narkoba, tawuran, merokok sampai kepada yang sekarang lagi ramai, kekerasan seksual melalui medsos," ucap Kak Seto kepada merahputih.com di Mall Pejaten Village, Jakarta Selatan, Minggu (19/3).

Selain itu, keuntungan lain dari mendongeng adalah menanamkan nilai-nilai positif yang terkandung di dalam sebuah dongeng. Makna yang terkandung dalam cerita dongeng akan membentuk karakter anak. Kak Seto pun tak heran bila saat ini banyak anak-anak yang melakukan hal negatif.

"Dongeng itu banyak memberikan filosofi, misalnya hormat kepada orang tua, kesetiakawanan, rajin bekerja, tidak mudah putus aja dan sebagainya," katanya.



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE