Inilah Daftar Penyanyi Dangdut Pria Legendaris di Indonesia Instagram @rhoma.irama

Siapa yang tidak suka dengan dangdut? Salah satu genre musik asli Indonesia yang memiliki unsur India, Melayu, dan Arab ini kini memang sudah diterima oleh semua kalangan. Bahkan jenis musik kontemporer yang berakar pada beberapa musik etnis ini sudah menyebar ke berebara belahan dunia.

Pada sekitar tahun 1940-an, di Indonesia, musik dangdut dikenal sebagai musik Melayu. Seiring berkembangan zaman, pada era 1960, musik ini mulai dipengaruhi oleh musik-musik India melalui film Bollywood. Dari situlah muncul beberapa penyanyi dengan iringan musik ini, yang kemudian menjadi masa transisi pergeseran musik Melayu yang berkembang menjadi musik dangdut di Indonesia.

Pada saat itu, penyanyi yang sangat terkenal adalah Ellya Khadam, dengan lagu "Boneka India". Namun kemudian, muncul sosok penyanyi Roma Irama, yaitu pada tahun 1968, yang kemudian mempopulerkan musik ini dengan memadukan unsur musik modern di dalamnya. Barulah, pada ere ini musik dangdut menjadi salah satu bagian jenis musik yang berkembang dan digandrungi masyarakat di Indonesia.

Setelah munculnya Rhoma Irama, ternyata banyak juga penyanyi dangdut pria yang terkenal, hingga mempunyai banyak penggemar, tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara. Saat ini, para penyanyi dangdut pria ini juga merupakan penyanyi dangdut legendaris di Indonesia. Siapa saja ya? Yuk simak:

5. Jaja Miharja

Instagram @dindadonk
Instagram @dindadonk

Siapa yang tidak tahu dengan penyanyi dangdut sekaligus aktor dan presenter yang bernama Jaja Mihardja? Pria yang juga dikenal dengan ucapan khas "Apaan tuh" ini memang menjadi salah satu penyanyi dangdut legendaris Indonesia.

Opa Jaja, begitulah sapaa akrabnya, berkarir di dunia entertaiment sudah sejak tahun 70-an. Ia memang tidak hanya dikenal sebagai penyanyi dangdut saja, namun dikenal juga karena dengan kuis dangdut yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi pada tahun 1990-an. Bahkan, ia juga membintangi beberapa film Indonesia.

4. Meggy Z

pusatmp3.net
pusatmp3.net

Meggy Zakaria atau lebih dikenal dengan nama Meggy Z juga menjadi salah satu penyanyi dangdut tanah air yang legendaris. Pria yang lahir 24 Agustus 1945 ini mulai berkarir sebagai penyanyi dangdut sejak tahun 1968. Namun hingga 1980-an namanya masih kurang dikenal. Dan ketika memasuki tahun 1981 ia mengasah kebolehannya mencipta lagu. Namanya pun melejit setelah menyanyikan lagu ciptaan Obbie Mesakh yang berjudul Lebih Baik Sakit Gigi.

3. A Rafiq

Instagram @fairuzarafiq
Instagram @fairuzarafiq

Ayah dari pesinetron cantik Fairuz A Rafiq yang bernama Ahmad Rafiq juga menjadi salah satu penyanyi dangdut legendaris Indonesia. Pria yang dikenal dengan nama A. Rafiq ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena menyanyikan lagu yang berjudul "Pandangan Pertama" pada pertengahan tahun 1978.

Selain berprofesi sebagai penyanyi dangdut, pria kelahiran tahun 1948 ini juga sempat bermain dalam beberapa judul film layar lebar. Tidak hanya itu saja, ia juga sempat pernah menjajal profesi sebagai sutradara.

2. Mansyur S

Google.com
Google.com

Mansyur Subhawannur atau dikenal dengan nama Mansyur S juga menjadi seorang penyanyi dangdut legendaris di Indonesia. Pria yang memiliki suara merdu ini pernah menyanyikan lagu yang sangat dikenal oleh masyarakat di Indonesia seperti Zubaedah, Khana, dan Rembulan. Ia pun pernah merilis album perdananya yang berjudul Pesan Perpisahan pada tahun 1969.

1. Rhoma Irama

Instagram @rhoma.irama

Dan yang pertama, siapa yang tidak tahu dengan julukan satria bergitar yang satu ini? Raden Haji Oma Irama atau yang populer dengan nama Rhoma Irama. Ia menjadi salah satu penyanyi dangdut yang sangat legendaris di Indonesia.

Raja Dangdut ini sejak tahun 1970-an sudah menjadi penyanyi dan musisi ternama setelah jatuh bangun dalam mendirikan band musik seperti band Gayhand pada tahun 1963. Tak lama kemudian, ia pindah masuk Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta,yaitu sejak 13 Oktober 1973 hingga kini.

Bahkan, Rhoma tercatat memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya dan jumlah penonton film- film yang dibintanginya, penggemar Rhoma tidak kurang dari 15 juta atau 10% penduduk Indonesia. Dirinya pun telah menciptakan 685 buah lagu dan bermain di lebih 10 film.

Itulah beberapa penyanyi dangdut pria yang sangat legendaris di Indonesia. Kira-kira favorit Kalian yang mana ya? Hmm ngomong-ngomong soal dangdut, beginilah beberapa kisah penyanyi dangdut sebelum sukses, siapa saja? Yuk simak artikelnya: Inilah Kisah 6 Penyanyi Dangdut Indonesia Sebelum Sukses



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH