Ini Senyawa Kimia yang Disiramkan ke Wajah Novel Baswedan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (MP/Angga Yudha Pratama)

Tim Laboratorium Forensik Mabes Polrsi telah mengidentifikasi senyawa air keras yang digunakan orang tak dikenal untuk menyiram wajah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

"Dari labfor saya mendapat informasi, H2SO4," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Gedung Joeang, Jakarta Pusat, Rabu (12/4).

H2SO4 atau asam sulfat merupakan asam mineral anorganik yang kuat dan larut dalam air. Cairan kimia ini, dalam dunia industri besi dan baja biasanya digunakan untuk menghilangkan oksidasi, karat, dan kerak air. Selain itu, asam sulfat biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuat pupuk nitrgoen.

Beruntungnya, asam sulfat yang dilempar orang tak dikenal itu ke wajah Novel Baswedan tidak dalam konsentrasi yang pekat.

"Karena kalau terlalu pekat itu bisa membuat daging menjadi hancur. Jadi dia mungkin dalam konsentrasi tidak terlalu pekat," kata Tito. (Ayp)

Baca juga berita tentang penyerangan dengan asam sulfat kepada Novel Baswedan dalam berita: Novel Baswedan Dirawat Di Singapura



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH