Ini Rahasia Solihin Agar Jengkol Tidak Meninggalkan Bau

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 07 Desember 2016
Ini Rahasia Solihin Agar Jengkol Tidak Meninggalkan Bau
Nasi Uduk Betawi Solihin (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

MerahPutih Kuliner – Meskipun banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mengonsumsi Jengkol dapat menyebabkan bau tidak sedap terhadap urine. Hal demikian dibantah oleh Solihin (34) selaku pemilik Kedai Nasi Uduk Betawi Jengkol Bewe.

Dengan menggunakan resep rahasia orang tua dulu, Solihin menyulap dengan mengonsumsi jengkol menjadi tidak mengeluarkan bau tak sedap. "Jadi, jengkol ini dikubur di dalam tanah sampai akarnya keluar. Dikubur pakai tanah biasa, tidak ada campuran apa pun. Khasiatnya adalah agar tidak menyebabkan bau saat kita buang air kecil," ucap Solihin di warungnya di Jalan Tanah Baru No. 38, Beji, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/12).

http://server8.merahpoetih.com/gallery/public/2016/12/07/SgJDQsfdCO1481082249.jpeg

Adapun nama dari jengkol bewe itu sendiri, Solihin mengatakan sudah sangat familiar sejak dirinya masih kecil. Dan bahkan, pada zaman dulu, jengkol bewe dipakai untuk lauk sayur asem. "Sebenarnya rahasia kubur jengkol, semua orang Betawi sudah tahu. Namun, pada malas karena memakan proses yang lama. Ketika ditanam, bisa 3 sampai 4 hari. Ha ha ha," katanya.

Untuk jengkolnya sendiri, paparnya, jangan menggunakan jengkol yang berasal dari Kalimantan. Ada baiknya menggunakan jengkol dari Jawa, Bogor, dan Lampung. "Kalau dirasakan, jengkol yang dikubur rasanya seperti kentang. Intinya kalau kata orang tua, kalau mau jengkol yang enak, prosesnya pasti akan lama. Dan itu saya pegang hingga saat ini," paparnya.

http://server10.merahpoetih.com/gallery/public/2016/12/07/uDs6f2k9Qw1481081082.jpg

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa mengonsumsi jengkol sangat baik bagi kesehatan. Solihin yang memiliki hobi memasak makanan tradisional sangat percaya, manfaat dari makanan tersebut sangat banyak. Jadi, bagi mereka yang mengonsumsi jengkol tidak perlu lagi khawatir. "Makan jengkol sehat. Bagus untuk jantung, dan masih banyak lagi manfaatnya. Jangan malu dan takut karena bau setelah mengonsumsi jengkol. Insya Allah, sudah terbukti dan dibuktikan oleh para pelanggan di sini," tutupnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Manfaatkan Teknologi, Solihin Sukses Jual Nasi Uduk Betawi
  2. Nikmatnya Nasi Uduk Betawi Racikan Solihin Murah Meriah
  3. Pelayanan Publik dan Kuliner Enak Ada di CFD Pemalang
  4. Beginilah Cara Kerja Bisnis Kuliner di Dunia Penerbangan
  5. Cicipi Kuliner Super Lezat Bakso Jakarta di Tanjung Duren
#Putra Betawi #Kuliner Indonesia #Kuliner Tradisional #Nasi Uduk Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan