Berita Dunia

Ini Penyebab Marissa Mayer Mundur dari Yahoo

Ini Penyebab Marissa Mayer Mundur dari Yahoo

Dunia - CEO Yahoo Marissa Mayer meletakkan jabatannya sebagai direksi Yahoo. Langkah Marissa Mayer ini diikuti beberapa direksi Yahoo lainnya.

Kabar kurang sedap di awal tahun 2017 ini muncul pertama kali Yahoo sendiri melalui dokumen resmi Komisi Bursa Efek (SEC) Amerika Serikat pada Senin (10/1). Belum diketahui apakah Marissa Mayer akan mundur juga dari jabatannya sebagai CEO Yahoo dan pimpinan perusahaan.

Keputusan mundurnya Marissa Mayer terkait dengan akusisi raksasa internet Yahoo oleh Verizon senilai US$4,8 miliar atau setara Rp64 triliun pada 23 Juli 2016 lalu. Saat itu tidak ada pembahasan Marissa Mayer akan kehilangan jabatannya di jajaran direksi.

Tim Armstrong, CEO AOL, salah satu anak perusahaan Verizon mengungkapkan Yahoo akan terus berkembang bahkan setelah akuisisi pihaknya akan meningkatkan investasi. Sementara Marissa Mayer mengatakan, dirinya menyayangi Yahoo dan ingin melihatnya maju.

Namun, sebanyak 500 juta akun email pengguna Yahoo diretas pada 2014. Sebelumnya, sebanyak 1 miliar akun email pengguna Yahoo diretas pada 2013. Tampaknya peretasan data akun pengguna Yahoo dalam tiga bulan terakhir ini mempengaruhi kesepakatan bisnis antara Yahoo dan Verizon.

Armstrong mengatakan kepada Fox News beberapa waktu lalu, bahwa pihak Yahoo melakukan penyelidikan kebocoran data akun pengguna email Yahoo.

"Ketika Anda membeli aset dan terjadi perubahan maka akan mempengaruhi kesepakatan. Tapi, saya kira masih terlalu dini membahasnya karena Yahoo masih melakukan penyelidikan," katanya.

Menurut Armstrong, keamanan data sangat penting karena melibatkan kepercayaan antara pelanggan dan penyedia jasa.

Hal lain yang menyebabkan mundurnya Marissa Mayer karena akuisisi Yahoo dan berubah nama menjadi Altaba. Altaba merupakan perusahaan patungan yang sahamnya dimiliki Alibaba Group (15 persen) dan Yahoo Jepang (35,5 persen). Yahoo Jepang merupakan perusahaan yang dimiliki Softbank dan ARM.

Buntut dari akuisisi ini adalah pengurangan jumlah anggota direksi dari 11 menjadi 5. Selain Marissa Mayer, lima jajaran direksi Yahoo yang tidak masuk dalam Altaba adalah co-founder Yahoo David Filo, Eddy Hartenstein, Richard Hill, Jane Shaw, dan Maynard Webb.

Sedangkan yang tetap bertahan adalah Tor Braham, Eric Brandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney, dan Jeffrey Smith. Brandt ditunjuk sebagai Ketua Dewan Direksi Yahoo. Ketentuan ini langsung berlaku pada tanggal yang sama saat dokumen diterbitkan, yakni 9 Januari 2017.

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami