Ini Penyebab Hujan Es di Sebagian Wilayah Jakarta

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 28 Maret 2017
Ini Penyebab Hujan Es di Sebagian Wilayah Jakarta
(MerahPutih / Novriadi Sitompul)

Fenomena hujan es yang turun di sebagian wilayah Jakarta, Selasa (28/3) memang membuat warga Jakarta geger. Apalagi fenomena langka ini cukup bertepatan dengan masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Meski demikian, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB meminta warga Jakarta tidak mengaitkan fenomena alam ini dengan jalannya Pilkada. Menurutnya hujan es adalah hal normal yang bisa saja terjadi.

"Hujan es adalah fenomena alamiah saja karena saat kondensasi di dalam awan Cumulonimbus melewati batas lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan dibatas level beku. Istilah hujan es disebut HAIL," katanya saat dihubungi merahputih.com, Selasa (28/3).

"Hujan es di Jakarta ini berasal dari awan Cumulonimbus bersel tunggal berlapis-lapis dengan pertumbuhan vertikal sampai tinggi 30.000 kaki dan luasan horisontal awan sekitar 3-5 km. Kejadian lokal dan singkat kurang dari 5 menit," lanjutnya.

Sutopo menjelaskan fenomena hujan es di Jakarta juga pernah terjadi di beberapa tahun lalu. Selain itu beberapa wilayah di Indonesia juga pernah terjadi hal yang sama.

"Di daerah lain di Indonesia juga pernah terjadi seperti di Bandung, Yogyakarta, Malang dan lain-lain. Biasanya terjadi pada masa transisi atau peralihan musim," ujar Sutopo.

Sejauh ini tidak ada kerusakan yang timbul akibat hujan es, hanya beberapa warga kaget melihat fenomena langka ini. "Tidak ada dampak kerusakan akibat hujan es. Hanya masyarakat merasa heran dengan kejadian tersebut. Kondisi aman dan ini peristiwa alamiah saja," tutupnya.

#BNPB #Sutopo Purwo Nugroho #Fenomena Alam #Hujan Deras
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan