Ini Kata-kata Pelaku Bom Panci Bandung saat Baku Tembak

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Februari 2017
Ini Kata-kata Pelaku Bom Panci Bandung saat Baku Tembak
Jenazah pelaku teror bom panci di kantor Kelurahan Arjuna, Bandung. (Antara Foto/Rivan Awal Lingga)

Tersangka peledakan bom panci di depan Kantor Kelurahan Arjuna, Jalan Pandawa, Cicendo, Bandung, Jawa Barat, sempat berteriak, "Saya enggak ada urusan dengan Anda, saya urusannya dengan Densus 88."

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul mengatakan, seperti hasil laporan yang diperoleh, pelaku bom panci di Bandung sempat berteriak di dalam di dalam kelurahan saat baku tembak dengan polisi berlangsung.

"Iya informasinya seperti itu ya, dari orang-orang kelurahan. Dia kemudian mengancam dan meneriakkan 'saya enggak ada urusan dengan Anda, saya urusannya dengan Densus 88 Antiteror.' Nah, tentu kalimat itu menjadi bahan utama untuk menggali yang bersangkutan siapa dan kita ketahui dan akhirnya kita pahami tersangka mantan narapidana dari kasus pelatihan militer di Aceh," ujar Martinus saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (27/8).

Martinus menjelaskan, pihaknya terus melakukan mapping dan memonitor pergerakan jaringan teroris selama ini.

"Tentu kita pahami bahwa ada yang di luar monitoring kita yang secara mandiri bergerak. Dalam beberapa kasus terorisme itu muncul ya secara mandiri, kemudian melakukan upaya-upaya terorisme. Inilah yang kita upayakan cegah dengan deradikalisasi dan kontra radikalisme," jelasnya.

Martinus berharap agar paham radikalisme di Indonesia dapat dicegah dan tidak bisa berkembang di Indonesia. Menurutnya, upaya-upaya terus dilakukan agar masyarakat tanah tidak terpengaruh.

"Tentu kita berharap mereka yang sudah terkena paham-paham radikal bisa kita lakukan sosialisasi sehingga mereka bisa mencegah diri tidak menjadi radikalisme. Selain itu, kami juga terus mencegah dengan berbagai upaya agar masyarakat tidak terpengaruh dengan faham radikalisme," tandasnya. (Abi)

Berita terkait mengenai pelaku bom panci di Bandung baca juga di: Teror Bom Panci, Yayat Cahdiyat Dikenal Warga Suka Bergaul

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan