Ini Dia Penyebabnya Jika Terserang Demam Tifus Demam Tifus (Designtube)

Di Indonesia mungkin mayoritas masyarakatnya sering mendengar istilah thyfoid atau biasa dikenal dengan demam Tifus.

Tifus atau demam thyfoid adalah penyakit akut yang ditandai dengan adanya demam yang disebabkan oleh infeksi Salmonella typhi.

Pada umumnya, penyakit ini menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi tinja yang sudah mengandung bakteri tersebut. Biasanya bisa melalui hewan seperti lalat, atau kontak langsung mencuci di tempat-tempat yang kurang bersih.

Sepanjang tahun 2008, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang menjangkit demam tifus sebanyak 800 sampai dengan 100 ribu orang, bahkan ada yang berakibat fatal hingga meninggal dunia.

Berikut beberapa gejala jika Kamu terserang penyakit Tifus:

1. Demam Tinggi
Tifus diawali dengan demam tinggi, dan biasanya demam tersebut dapat meningkat secara bertahap tiap hari di minggu pertama dan meninggi pada malam hari. Kebanyakan penderita mengalami kelelahan.

2. Otot terasa sakit
Biasanya dilanjutkan dengan sakitnya otot-otot baik tangan ataupun kaki seperti kesemutan terus-terusan.

3. Sakit kepala
Selain otot terasa kesemutan, biasanya sakit kepala menjadi salah satu yang menjadi gejala umum yang terjadi pada Tifus.

4. Pembesaran ginjal dan hati
Umumnya jika terserang penyakit ini mengalami sakit dibagian perut seperti gejala maag yang akan terasa sakit dibagian perut atas atau ulu hati, bahkan ada juga pembesaran ginjal.

Untuk pengobatan lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, jika kondisinya melemah, dianjurkan untuk di rujuk ke Rumah Sakit. Namun jika tidak, biasanya diberikan berupa obat-obatan seperti anti biotik, cairan yang cukup dan vitamin penguat daya tahan tubuh.

Selain pengobatan, MP Friends bisa mencegahnya dengan cara: vaksinasi tyfus, mencuci tangan sebelum makan, tidak jajan sembarangan, serta menjaga kebersihan diri.


Tags Artikel Ini

Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE