Ini Dia Cara Wong Solo Pecahkan Rekor MURI dengan Aksara Jawa Solo Paragon Mall (MP/Win)

Pemandangan berbeda terlihat di Solo Paragon Mall, Minggu (5/2). Disana biasanya terlihat kebanyakan orang sedang berbelanja dan menikmati suasana mall bersama orang yang dicintai.

Namun kali ini ada yang berbeda, terlihat sebuah kain panjang yang dibentangkan di lantai salah satu Mall terbesar di Kota Solo tersebut.

Terlihat pula, ratusan orang menyemut mendekati kain yang dibentangkan. Tak hanya itu saja mereka juga terlhat membawa spidol.

Ya kegiatan ini merupakan kegiatan Pemecahan Rekor MURI dengan menulis aksara Jawa sepanjang 500 meter. Meski terlihat berdesak-desakan, namun masyarakat yang datang untuk menuliskan tulisan jawanya ke kain tersebut berlangsung dengan tertib.

Solo Paragon Mall (MP/Win)
Sejumlah warga saat menuliskan tulisan Aksara Jawa di sebuah kain yang telah disediakan di Solo Paragon Mall (MP/Win)


Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang bekerjasama dengan Panitia Bersama Solo Imlek 2017.

Salah seorang panitia kegiatan Sumartono Hadinoto menerangkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menunjukan identitas bangsa Indonesia, yakni memiliki aksara yang belum tentu dimiliki negara lain.

"Kita harus berbangga, bagaimana pun juga aksara Jawa merupakan bagian dari perjalanan bangsa Indonesia. Kita tetap harus ikut menjaganya," harapnya.

Solo Paragon Mall (MP/Win)
Sejumlah warga saat menuliskan tulisan Aksara Jawa di sebuah kain yang telah disediakan di Solo Paragon Mall (MP/Win)

Sementara itu salah seorang peserta yang menulis aksara di kain tersebut, Waskito mengaku senang bisa ikut berpartisipasi. Setidaknya sebagai generasi muda, ia juga mengajak kepada generasi muda lainnya untuk memiliki kemampuan menulis huruf aksara Jawa.

Berita ini berdasarkan laporan Win , reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk membaca artikel Win lainnya disini: Tempat Favorit yang Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Asing di Kota Solo.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH