Ini Dia 4 Musisi Indonesia yang Fenomenal di Kancah Internasional Anggun, salah satu musisi Indonesia yang berkiprah di internasional (Foto/Anggun.com)

Musik merupakan suatu hal esensial bagi kebanyakan orang, dan pada 9 Maret ini dirayakan Hari Musik Nasional. Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, ternyata ada musisi Indonesia yang sukses berkarir di panggung internasional. Simak yuk beberapa musisi tanah air yang fenomenal di luar negeri!

1. The Tielman Brothers

The Tielman Brothers
The Tielmans Brother, Grup Musik Tertua Indonesia (www.muziekencyclopedia.com)

Mungkin masyarakat sekarang tidak banyak yang tahu, tapi The Tielman Brothers merupakan sebuah grup musik tertua asal Indonesia loh! Musik mereka beraliran rock and roll, atau Indorock - sebutan orang Belanda untuk musik The Tielman Brothers ini. The Tielman Brothers adalah musisi kelahiran Timor, Nusa Tenggara Timur yang lebih populer di Belanda ketimbang di Indonesia. Group musik ini pernah diundang Presiden Sukarno untuk tampil di istana.

Aksi penampilan The Tielman Brothers cukup unik, karena tampil sambil melompat-lompat, berguling, bahkan memainkan gitar degan gigi. Musisi asal Timor ini dianggap sebagai salah satu musisi yang memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatels.

2. Joey Alexander

Joey Alexander
Joey Alexander, Musisi Cilik Indonesia yang Mendunia (www.bookmyshow.com)

Tahun 2016 lalu dunia, khususnya Indonesia, sempat di'gegerkan' oleh musisi cilik asal Indonesia, Joey Alexander.

Joey Alexander merupakan seorang pianis jazz yang baru akan menginjak usia 14 tahun ini. Joey meluncurkan album pertamanya pada saat usianya 11 tahun dan sudah dinominasikan untuk dua kategori grammy award pada 2016 dan satu kategori pada 2017.

Album debut Joey Alexander pada 2015 juga mencapai nomor 1 pada billboard chart album jazz.

3. Daniel Sahuleka

Daniel Sahuleka
Daniel Sahuleka, musisi Semarang yang terkenal musikalitas lagunya (www.sahuleka.com)

Daniel Sahuleka merupakan musisi asal Semarang yang sekarang tinggal dan aktif berkarya di Belanda.

Lagu-lagu seperti “Don’t Sleep Away The Night” dan "You Make My World So Colorful" dari Daniel Sahuleka populer di kalangan masyarakat tahun 80-90an, terutama pecinta musik soul dan jazz.

Andalan Daniel Sahuleka adalah bermain gitar solo yang membuat hati pendengarnya tergugah karena keahliannya memetik gitar. Banyak yang mengatakan permainan gitar solonya bagaikan orkestra besar yang sedang bermain.

4. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi
Anggun C. Sasmi, penyanyi asal Indonesia yang berkiprah di dunia internasional (www.harnas.com)

Siapa yang tak kenal Anggun? Penyanyi asal Indonesia yang sekarang kepala empat ini eksis di beberapa negara dan telah menghasilkan 4 album internasional. Pemilik nama lengkap Anggun Cipta Sasmi disebut-sebut sebagai Madonna dari Asia oleh publik Italia dan Prancis.

Total lebih dari 10 album berbahasa Indonesia, Inggris, dan Prancis yang telah dihasilkan Anggun yang sekarang menjadi warga negara Perancis. Meskipun tidak berdomisili di Indonesia lagi, karyanya tidak pernah lepas dari sentuhan tradisi leluhurnya di Indonesia.

Anggun merupakan salah satu dari sedikit artis yang tidak melebarkan sayapnya ke dunia hiburan lain meskipun sudah mendapat tawaran. Karena menurut Anggun, ia dilahirkan sebagai penyanyi dan akan fokus pada bidang tersebut.

Membanggakan kan? Ayo berkarya dan harumkan nama bangsa Indonesia, Selamat Hari Musik Nasional!



Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE