Akibat Negatif Terlalu Sering Mengucek Mata

KaptenKapten - Senin, 29 Mei 2017
Akibat Negatif Terlalu Sering Mengucek Mata
Agar mata tetap sehat, hindari mengucek mata. (Foto: Pexels)

Sering mengucek mata saat kelilipan? Lain kali, hindari kebiasaan ini. Sebab, di telapak tangan dan jari-jari Anda terdapat bakteri. Tangan yang dipenuhi bakteri akan membuat mata infeksi.

Alih-alih menghilangkan kotoran saat kelilipan, Sahabat MerahPutih justru menambah "kotoran" baru berupa bakteri ke dalam mata. Lebih dari itu, Anda sebenarnya tidak tahu benda apa yang membuat kelilipan. Jika benda tersebut malah terdorong masuk ke mata, akan terjadi goresan. Efek terburuknya ialah pendarahan mata.

Mata merupakan panca indra yang sensitif. Tekanan pada mata yang Anda lakukan saat mengucek malah akan memperparah kondisi mata. Tak jarang, mata juga jadi memerah setelah dikucek.

Risiko lain yang berpotensi muncul ialah glaukoma dan penipisan kornea. Glaukoma adalah penyakit pada bola mata yang membuat bola mata membesar, merusak pembuluh darah kecil yang menuju ke mata, serta bisa menyebabkan kebutaan. Sementara penipisan kornea mengakibatkan keratoconus dan berujung pada kerusakan mata yang tidak dapat diperbaiki. Bila hal ini terjadi, Anda terpaksa harus menggunakan kacamata.

Sahabat MerahPutih tentu tidak ingin kesehatan mata terganggu hanya karena hal sepele: mengucek mata. Kalau begitu, mulai sekarang hentikan kebiasaan mengucek mata. Ketika mata kelilipan, Anda lebih baik mengompresnya atau gunakan tisu basah antibakteri sebagai alternatif. Dengan begitu, Anda akan terhindari dari aneka gangguan kesehatan mata. (BING)

#Tips Kesehatan #Kornea Mata #Kesehatan Mata
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan