Ini Alasan Kenapa Drama Korea Banyak Sekali Disukai Masyarakat Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (Instagram)

Siapa sih yang gak tahu dengan aktor tampan Korea Lee Min Ho dan aktris cantik Park Shin Hye ? kedua artis asal Korea Selatan itu, pastinya sudah sering kali kalian dengar namanya. Yup, kepopuleran mereka di berbagai negara khususnya negara Asia tak lepas dari akting keduanya di sederet drama hingga film Korea yang mereka bintangi.

Kesuksesan seorang aktor dan aktris Korea tak lepas dari kesuksesan sebuah drama dan film Korea yang mereka bintangi. Pecinta drama Korea saat ini sudah menjamur di berbagai belahan dunia, tak hanya di negara Asia saja. Mau tahu gak, apa sih alasannya drama dan film Korea itu sukses merebut hati para penikmatnya.

Yuk simak 10 alasan kenapa drama dan film Korea itu disukai oleh semua kalangan dari anak-anak remaja hingga ibu rumah tangga.

1. Aktor dan Aktris Korea

Para pemain drama dan film Korea menjadi salah satu alasan yang sangat kuat kenapa para pecinta drama dan film Korea bisa jatuh cinta. Terlepas dari maraknya fakta yang mengatakan jika aktor dan aktris Korea itu bisa tampil ganteng dan cantik berkat operasi plastik yang mereka jalani, para artis Korea selalu bisa memikat hati setiap penontonnya dengan para rupawan mereka di drama dan film yang mereka bintangi.

2. Bahasa

Meskipun kita tidak mengerti arti dari ucapan para pemain di drama dan film Korea, dan tetap harus memperhatikan subtitle pada layar televisi atau laptop Anda, namun selalu ada beberapa kata atau istilah yang mereka pakai berulang-ulang, sampai terasa benar-benar menempel dalam ingatan Anda. Misalnya saja saranghae, gomawo, mianhae, oppa, noona, hyung, dongsaeng, aegyo, daebak, jinjaa, dan masih banyak kata-kata lainnya.

3. Akses yang Mudah

Seiring berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, membuat banyak pecinta drama dan film Korea merasa kegirangan karena tak perlu pusing mencari-cari link jika ingin mendownload drama dan film Korea yang ingin kalian tonton.

4. Alur Cerita

Drama dan Film Korea selalu sukses mengaduk-ngaduk emosi setiap penontonnya, mulai dari alur cerita hingga chemistry setiap pasangan tokoh utama di drama dan film Korea itu selalu bisa membuat pecinta drama Korea turut merasakan kesedihan hingga kebahagiaan yang mereka tampilkan.Terutama saat pasangan tokoh utama di drama dan film tersebut menampilkan sisi romantis mereka, tak jarang banyak penonton wanita yang histeris saat melihatnya dan merasa iri, hehe.

5. Episode yang singkat

Ini menjadi salah satu point penting kenapa drama Korea itu banyak digemari masyarakat dari berbagai negara. Karena drama Korea mayoritas menghadirkan episode yang pendek atau seperlunya hanya sekitar 16-20 episode. Saat inti isi cerita telah tersampaikan kepada penonton, tak perduli ratingnya sedang tinggi atau tidak drama tersebut akan tetap berakhir. Sehigga penonton tidak merasa alur cerita yang ditampilkan itu bertele-tele.

6. Genre

Drama Korea sudah tak asing lagi dengan tema komedi dan romantis. Sekalinya mereka mengambil tema cinta, totalitasnya pasti langsung terasa. Para penonton akan merasa benar-benar terbawa ke dalam cerita drama yang kita tonton. Namun hal tersebut berlaku juga dengan tema lain, salah-satunya horror. Tak ayal kalau kita memerlukan mental yang cukup kuat juga untuk menyaksikan drama bergenre horor.

7. OST (Original Sound Track)

Drama Korea tanpa original sound track (OST) memang akan terasa hambar. OST yang berupa lagu itu biasanya akan menjadi salah-satu media yang menjembatani ikatan antara karakter para pemain, isi cerita dan para pemirsa yang menonton drama Korea itu sendiri.

Pemilihan OST juga harus benar-benar tepat sehingga langsung masuk kedalam ingatan para penonton, bahkan tak jarang justru OST dari sebuah drama atau film bisa jauh lebih popular daripada drama atau film Korea itu sendiri. Karena setiap penikmat drama Korea pasti akan langsung mendownload OST setiap kali selesai menonton drama atau film Korea hanya untuk sekedar mengingat-ingat bagian isi cerita drama Korea fovoritnya.

8. Pakaian atau Outfit Menarik

Fashion Korea memang tak perlu diragukan lagi, zaman sekarang fashion di Korea Selatan menjadi salah satu kiblat remaja-remaja masa kini. Hal itu tidak terlepas dari penampilan mereka saat membintangi sederet drama Korea yang tampil maksimal dengan setelan pakaikan menarik dan bisa memikat hati para penontonnya.

Baju yang dipakai para aktor atau aktris Korea pasti menjadi salah satu daya tarik di dalam sebuah drama. Kadang apa yang mereka kenakan bisa menjadi trend tersendiri. Mereka memang cukup modis, colorful, stylish, desainnya unik, motifnya cantik, dan bahannya terlihat begitu nyaman. Semua itu menjadi magnet untuk hampir semua bagian mulai dari setelah pakaian bawahannya, atasannya, atau outwear seperti jaket, cardigan, sweater, dsb, semuanya terlihat sangat cocok dan menarik ketika mereka kenakan.

9. Aegyo

Aegyo menjadi salah-satu gesture yang ambigu. Ada yang menganggapnya suatu tingkah yang lucu, ada juga yang justru merasa terganggu. Namun kita sulit menampik kalau aegyo menjadi satu dari sekian senjata mereka di dalam sebuah drama. Terkesima saja ketika aktor atau aktrisnya manyun, merajuk, melakukan bbuing-bbuing, dsb. Meskipun terlihat seperti tingkah yang kekanak-kanakan tapi tidak menutup kemungkinan setiap penoton yang melihatnya pasti ikut merasa gemas dan tersenyum malu.

10. Lokasi Syuting

Lokasi syuting menjadi satu dari alasan kenapa drama Korea banyak ditonton masyatakat, selain itu karena sarana yang membuat integrasi industri film Korea dengan pemerintahnya berjalan dengan baik. Mereka saling menyokong satu-sama lain. Tanpa membaca ensiklopedia atau mengamati peta dunia, para penonton drama Korea sudah akrab dengan beberapa lokasi yang sering mereka ekspos.

Misalnya seperti Pulau Jeju, Sungai Cheonggyecheon, Namsan Tower, Jembatan Banpo, Pasar Myeongdong, dsb. Secara tidak langsung, mereka sekaligus mempromosikan diri (Korea) dan cara tersebut sangat efektif untuk menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung ke Korea Selatan karena penasaran ingin melihat secara langsung lokasi syuting drama Korea yang mereka tonton.



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH