Indonesia dan Amerika Tingkatkan Kerjasama Ekonomi Wapres AS Mike Pence (kiri) dan Presiden Joko Widodo (Biro Pers Setpres)

Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dan kemitraan. Terutama di bidang perdagangan dan investasi.

"Kita telah membahas sejumlah isu baik bilateral maupun internasional. Yang pertama, komitmen Amerika untuk meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia akan fokus kepada bidang-bidang kerja sama dan investasi. Bulan depan akan ada tim yang membahas mengenai pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip win-win solution," kata Presiden Jokowi usai pertemuan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (20/4) seperti dikutip dari Biro Pers Setpres.

Selain perdagangan, kedua negara juga menyampaikan pandangan yang sama seputar perdamaian dunia.

Sementara Wakil Presiden Pence menyatakan, Indonesia dan Amerika Serikat sesungguhnya berbagi nilai yang sama seputar perdamaian.

"Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, kita memiliki pandangan yang sama mengenai nilai-nilai dasar seperti kebebasan, penegakan hukum, hak asasi, dan perbedaan keyakinan," ucap Pence.

Pence menambahkan, kedua negara sepakat akan bekerja lebih erat lagi untuk kepentingan bersama bangsa dan rakyat, serta untuk kepentingan Asia Tenggara secara keseluruhan.



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE