Indonesia Cup Tasters Championship: Kopi Itu Kompleks Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2017 - Foto: Sendy

Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) merupakan salah satu cabang yang dilombakan dalam "Indonesia Coffee Event (ICE) 2017". Praktiknya, cabang kompetisi satu ini tidak memerlukan penilaian juri. Setiap kontestan harus menemukan 1 kopi yang berbeda dari antara 3 cup kopi yang tersaji sebanyak 8 kali. Terkesan mudah, lantas mengapa hal seperti ini dilombakan?

Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2017
Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2017 - Foto: Sendy

Anda yang sudah mengenal istilah specialty coffee tentu tahu bahwa kopi bukan sekadar hitam dan pahit. Kopi di dunia memiliki beragam karakteristik rasa dan inilah yang perlu diterka oleh para cup taster. Selain menguji keakuratan lidah para cup taster, kompetisi ini juga mengukur kecepatan dan keterampilan mereka dalam membedakan kopi yang disajikan.

Poin perbedaan antara kopi satu dengan lainnya bisa berupa tingkat rasa—bagaimana kadar manis atau pahit dalam setiap cup kopi. Aroma ataupun kadar keasaman kopi tersebut juga dapat menjadi pembanding. Kontestan yang dapat menebak paling akurat dan cepat akan menjadi pemenang dan mewakili Indonesia pada ajang World Coffee Event (WCE).

Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2017
Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2017 - MP/Irene Gianov

Meskipun didominasi oleh peserta barista pria, tidak sedikit juga barista perempuan turut berpartisipasi dalam cabang kompetisi satu ini. Menurut Cindy Harlin Marta, Ketua ICE 2017, kompetisi ini dapat melatih partisipan yang kelak ingin berkarier di dunia kopi menjadi Q Grader.


Tags Artikel Ini

Stella Maris

YOU MAY ALSO LIKE