IDCC Pertama di Indonesia Sukses Digelar Banten

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 09 Desember 2016
IDCC Pertama di Indonesia Sukses Digelar Banten
Suasana pengumuman pemenang ajang IDCC. (Foto: MerahPutih/Ctr)

MerahPutih Nasional - Indonesian Drum Corps Championship (IDCC) begitu nama ajang yang pada 2-4 Desember 2016 digelar di Kota Serang, Banten. Masyarakat Indonesia umumnya mungkin belum mengenal ajang tersebut, karena gelar kejuaraan perpaduan seni musik dan olahraga ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. Marching band, begitulah kebanyakan masyarakat memahaminya.

Maka Stadion Maulana Yusuf Banten, yang terletak di ibu kota provinsi di ujung barat Pulau Jawa tersebut, ramai dikunjungi para musisi olahraga yang akan unjuk gigi dalam empat kategori kejuaraan, yaitu Drum Corps, Soundsport, Drumline Battle, dan Street Parade.

Direktur Bisnis Senior Drum Corps International John DeNovi beserta empat orang selebritis dalam dunia drum corps seperti Jhon Phillips, Garry Markham, dan Lee Carlson didatangkan dari Amerika Serikat dan Kanada sebagai juri yang sangat kompeten di bidangnya.

Direktur IDCC Haridoyo Sugianto yang sudah menyiapkan ajang bergengsi tersebut sejak beberapa bulan sebelumnya bekerja keras untuk mewujudkan kebudayaan baru dalam dunia olahraga musik tersebut.


Pemandangan dari tribun penjurian kategori Drum Corps di ajang IDCC. (Foto: MerahPutih/Ctr)

Lalu apa yang menarik dari IDCC? Mengapa begitu penting untuk dibicarakan?

Jawabannya disampaikan oleh Haridoyo bahwa ajang IDCC merupakan salah satu syarat suatu kelompok drum corps yang ada di negara-negara Asia untuk memantaskan kelompoknya pada ajang Drum Corps International.

Haridoyo menjelaskan bahwa tampil dalam ajang DCI merupakan impian setiap insan drum corps di seluruh dunia.

“Biar mudah memahaminya, DCI itu dalam dunia sepak bola sekelas piala dunia yang diselenggarakan oleh FIFA,” terangnya Jumat (9/12).


Para Juri IDCC. (Foto: MerahPutih/Ctr)

IDCC sendiri berfungsi sebagai filter, di mana kelompok drum corps yang berlaga akan dinilai kelayakannya, ada poin yang dihasilkan, dan tentu saja sebagaimana ajang kejuaraan umumnya akan ditentukan juara pada masing-masing kategori.

IDCC akan diselenggarakan setiap tahun setelah kesuksesannya yang pertama pada tahun 2016. Dengan demikian, kedatangan kelompok-kelompok drum corps yang nantinya datang dari berbagai daerah di Indonesia dan negara-negara Asia, membuka banyak peluang kreatif bagi masyarakat Banten. Karena pada ajang yang pertama saja, sukses mendatangkan tak kurang dari seribu peserta baik yang berasal dari anggota dcrum corp maupun official-nya, belum lagi jika menghitung penonton yang datang dan bersedia merogoh kocek yang dalam. (Ctr)

BACA JUGA:

  1. Rano Karno: Hotel JHL Solitaire Jawab Tantangan Pariwisata Banten
  2. Batik Khas Banten, di Sini Tempatnya
  3. Banten Tetapkan UMK Kota/Kabupaten Naik 8,65 Persen
  4. 'Apps Challenge' KPU Banten Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
  5. Bikin Aplikasi Khusus Pemilu, KPU Banten Undang Partisipasi Warga
#Provinsi Banten #Indonesian Drum Corps Championship (IDCC) #IDCC
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan