Ibu Negara Iriana Kunjungi Museum Nasional Filipina

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 30 April 2017
Ibu Negara Iriana Kunjungi Museum Nasional Filipina
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana saat tiba di Ninoy Aquino International Airport, Manila, Filipina, Jumat (28/4). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Museum Nasional Filipina atau Pambansang Museo. Kunjungan itu sebagai salah satu acara spouse program yang merupakan rangkaian KTT ASEAN ke-30 di Manila.

Ibu Negara Iriana mengunjungi Museam Nasional Filipina setelah menghadiri peresmian pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Philippine International Convention Center (PICC), Sabtu (29/4).

Setibanya di museum, Ibu Negara Iriana yang didampingi oleh Sonya Riupassa, Istri Duta Besar RI untuk Filipina disambut oleh Cielito Avancea dan Direktur Jenderal National Museum sekaligus Kurator Jeremy Barns.

Tepat pukul 11.40 waktu setempat, acara dimulai dengan peninjauan sejumlah koleksi lukisan di lantai 1 museum yang didirikan sejak 1901 itu.

Ibu Negara Iriana yang menggunakan kebaya berwarna merah dipadu dengan kain batik sebagai bawahan tampak sesekali berbincang dengan Cielito Avancea.

Selain Cielito Avancea selaku tuan rumah dan Ibu Negara Iriana, para istri pemimpin ASEAN yang hadir diantaranya adalah Naly Sisoulith, istri PM Laos Thongloun Sisoulith, Naraporn Chan-o-cha, Istri PM Thailand Prayuth Chan-o-cha dan Thu Tran Nguyen, Istri PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Mereka pun kemudian berfoto bersama di depan lukisan hasil karya pelukis kenamaan Filipina Juan Luna yang berjudul "Spoliarium".

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan demonstrasi kerajinan tenun di IRI Gallery yang terletak di lantai 3 museum tersebut oleh pengrajin yang didatangkan langsung dari Cotabato Selatan, sebuah provinsi di dekat Mindanao di selatan Filipina.

Setelah meninjau pameran, Cielito Avancea kemudian menjamu para tamunya dengan jamuan makan siang bersama di Old Senate Session, yang terletak di lantai 3 museum.

Setelah jamuan makan siang selesai, para tamu kemudian disuguhi pertunjukan kesenian berupa tarian tradisional oleh grup tari Kalilayan Folkloric, dan lagu-lagu oleh penyanyi cilik The Voice Filipina Darlene Vibares dan Reynan Dal-Anay.

Setelah rangkaian "spouse program" selesai, Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun kembali ke hotel tempat menginap selama di Filipina dan dilepas di pintu utama museum oleh Cielito Avancea dan Kurator Jeremy Barns.

Sumber: ANTARA

#Iriana Joko Widodo #KTT ASEAN #Filipina
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan