HPN 2017, Presiden Jokowi: Mari Bersama Cegah Berita Hoax Presiden Jokowi memukul tifa pembukaan HPN 2017 (Twitter @Kemenpar_RI)

Hari Pers Nasional (HPN) 2017 diselenggarakan di Ambon, Maluku. Presiden Jokowi bersama menteri dan pejabat tinggi negara turut mengambil bagian dalam perhelatan para insan pers Indonesia.

Puncak HPN 2017 berlangsung di Lapangan Polda Ambon, Kamis (9/2). Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Jokowi mengatakan jurnalistik memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa.

"Jurnalistik berperan penting dalam pembangunan bangsa dan mari bersama mencegah berita hoax" ujar Presiden Jokowi sebelum memukul Tifa tanda dimulainya acara puncak HPN 2017.

Presiden Jokowi juga meminta masyarakat untuk lebih dewasa dan matang dalam menanggapi maraknya berita hoax di media sosial.

Presiden Jokowi di HPN 2017
Presiden Jokowi berikan sambutan pada HPN 2017 (Twitter @Kemenpar_RI)

Sebagaimana dikutip dari setneg.go.id, Presiden Jokowi mengajak semua pemangku kepentingan media massa untuk menghindari penyebaran berita hoax. Ajakan Presiden Jokowi itu tidak terlepas dari maraknya berita hoax belakangan ini.

Dalam puncak Hari Pers Nasional 2017 dilakukan sejumlah kegiatan seperti penandatanganan MOU antara Dewan Pers dengan TNI dan Polri untuk penegakan hukum serta perlindungan kemerdekaan pers di Indonesia. Tujuan MOU tersebut yakni mencegah kriminalisasi terhadap insan pers.

Rangkaian kegiatan dalam HPN 2017 meliputi pameran, bakti sosial dan pengobatan massal, seminar, diskusi serta konvensi media dan sejumlah aktivitas lainnya seperti Maluku Expo 2017.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH