Hindari Jalan Ini Saat Aksi 505

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 05 Mei 2017
Hindari Jalan Ini Saat Aksi 505
Massa aksi 505 di Masjid Istiqlal, Jumat (5/5). (MP/Angga Yudha Pratama)

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik jelang aksi unjuk rasa yang digagas GNPF MUI bertajuk Aksi 505.

Rencananya, massa yang berjumlah sekitar puluhan ribu orang akan melakukan long march dari Masjid Istiqlal menuju Gedung Mahkamah Agung usai salat Jumat.

"Sebanyak 620 personel Ditlantas Polda Metro disiagakan dengan cadangan sebanyak 220 personel," kata Kabid Humas polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada merahputih.com di Mapolda Metro Jaya, Jumat (5/5).

Sementara, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menjelaskan, pihaknya sudah melakukan sejumlah rencana rekayasa pengalihan arus massa yang datang dari luar daerah Jakarta menuju titik kumpul aksi mereka di Masjid Istiqlal.

Untuk massa yang datang dari Tangerang dan Banten lewat tol, akan diarahkan keluar Tol Tomang-Jalan Tomang Raya-Jalan Caringin-Jalan Suryopranoto-Jalan Juanda-Jalan Pasar Baru-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Katederal-Jalan Pejambon-Masjid Istiqlal.

Massa dari Bekasi melalui Tol Ir Wiyoto Wiyono dam akan diarahkan keluar di Off ramp Cempaka Putih-Jalan R.Suparpto-Jalan Senen Raya-Jalan Banteng Selatan-Jalan Pejambon-Masjid Istiqlal.

Sementara, massa dari selatan, Bogor, Depok dam sekitarnya ada dua alternatif pengalihan arus massa. Pertama, mereka yang melewati Tol MT.Haryono akan diarahkan keluar Off ramp Tegal Parang-Jalan HR.Rasuna Said-Jalan Cokro Aminoto-Jalan Dr.Sam Ratulangi-Jalan Cut Mutia-Jalan Menteng Raya-Jalan Medan Merdeka Selatan-Parkir IRTI Monas-Masjid Istiqlal.

Alternatif kedua, mereka yang melalui Tol Dalam Kota Gatot Subroto akan diarahkan keluar Off ramp Slipi Jaya-Jalan Tomang Raya-Jalan Suryo Pranoto-Traffic Light Harmoni-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Selatan-Parkir IRTI Monas-Masjid Istiqlal.

Sementara itu, mengingat massa Aksi 505 terkonsentrasi di Masjid Istiqlal lalu melalukan aksi long march ke Gedung Mahkamah Agung (MA), maka Ditlantasa Polda Metro Jaya telah melakukan skema pengalihan arus di kawasan sekitar Istana Negara.

Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang dibuat Ditlantas Polda Metro Jaya di Kawasa Istana Negara saat aksi 505

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke kiri arah jalan Juanda.
2. Arus lalu lintas dari jalan Lapangan Banteng menuju Jalan Veteran dialihkan ke kanan ke Jalan Pos.
3. Arus lalu lintas dari jalan Gunung Sahari menuju ke jalan Dr Sutoyo diluruskan ke Jalan Senen Raya.
4. Arus lalu lintas dari jalan Senen Raya menuju Jalan Budi Utomo diluruskan ke Jalan Gunung Sahari.
5. Arus lalu lintas dari jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan medan Merdeka Utata dialihkan ke Jalan Perwira.
6. Arus lalu lintas dari arah simpang lima senen menuju RSPAD diluruskan ke Jalan Senen Raya-Wahidin.
7. Arus lalu lintas dari cikini raya menuju M Ridwan Rais dialihkan ke kanan ke jalan Kwitang Raya atau yang datang dari arah Jalan Kwitang diputarbalikkan kembali ke arah Jalan Kwitang Raya. Dari arah Kebon Sirih diluruskan ke jalan Kwitang Raya.
8. Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih atauvTanah abang.
9. Arus lalu lintas dari arah Jalan Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun jalan Fachrudin.
10. Arus lalu lintas dari arah Abdul Muis menuju Jalan Museum diluriskan ke Jalan Fachrudin begitu juga sebaliknya. (Ayp)

Baca berita terkait Aksi 505 lainnya di: Kapolres Siap Sikat Peserta Aksi 505 Anarkis

#GNPF MUI #Polda Metro Jaya #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan