Helikopter Tempur Buatan Tiongkok Terbang Perdana

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 20 Mei 2017
Helikopter Tempur Buatan Tiongkok Terbang Perdana
Ilustrasi. (Screenshot Presstv)

Helikopter tempur Z-19E buatan Tiongkok terbang perdana dari Bandar Udara Harbin, Provinsi Heilongjiang. Penerbangan perdana tersebut langkah besar bagi Tiongkok memasuki pasar global helikopter tempur. Demikian radio resmi pemerintah setempat melaporkan, Jumat (19/5).

Z-19E yang dijuluki "Angin Puyuh Hitam" itu merupakan helikopter tempur pertama berorientasi ekspor yang dikembangkan oleh AVIC Harbin Aircraft Industry Group.

Berbasis teknologi Z-19, helikopter tersebut dapat digunakan dalam operasi gerak cepat dan melakukan penyerangan terhadap lawan.

Li Shengwei selaku wakil ketua tim perancang mengatakan bahwa Z-19E dilengkapi dengan perangkat keamanan yang bisa menyelamatkan nyawa pilot jika mengalami masalah.

Terkait kemampuan manuver dan fungsi, Z-19E telah memenuhi standar internasional dan pengoperasiannya menggunakan bahasa Inggris.

"Z-19E memiliki potensi pasar yang sangat kuat karena beberapa komponennya sesuai dengan sistem militer di beberapa negara," ujar Shong Zhongping, pakar militer yang bertugas di Pasukan Roket Angkatan Bersenjata China (PLA) kepada harian Global Times.

Song menambahkan bahwa harga helikopter tersebut relatif bersahabat di pasar global. Helikopter Z-19E ditujukan untuk negara-negara yang membutuhkan helikopter militer ringan dengan kemampuan serang level menengah.

Sumber: ANTARA

#Tiongkok #Pesawat Tempur
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan