Heboh, Video Mahasiswi Indonesia Dipaksa Lepas Jilbab di Bandara Italia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 12 April 2017
Heboh, Video Mahasiswi Indonesia Dipaksa Lepas Jilbab di Bandara Italia
Petugas Bandara Roma Ciampino. (Screenshot Facebook/Aghnia Adzkia)

Seorang mahasiswi asal Indonesia mendapat perlakuan tidak menyenangkan di Bandara Roma Ciampino, Italia. Aghnia Adzkia dipaksa melepaskan jilbab oleh petugas dengan alasan keamanan.

Aghnia Adzkia kemudian mem-posting pengalaman buruknya ke media sosial Facebook yang kemudian menjadi viral dalam waktu tidak lama. Ia merekam kejadian tersebut dan men-upload-nya.

Aghnia menulis, peristiwa ini terjadi pada Minggu (9/4) kemarin. Ia menceritakan, penolakan dirinya bukan hanya persoalan menujukkan bagian "suci" atau tidak, meski kepada petugas perempuan. Tapi lebih dari itu, tapi soal martabat manusia dan hak-hak. "Untuk alasan apa mereka meminta saya untuk melepas jilbab?"

Aghnia merupakan seorang mahasiswi University of London. Saat itu, ia akan mengambil penerbangan ke London dan terlambat akibat insiden tersebut. Aghnia di Italia dalam sebuah perjalanan liburan. Dan di Roma, di luar bandara, ia mengaku sangat senang dan menemukan orang-orang di sana sangat ramah.

Aghnia memberikan pesan panjang dalam videonya di Facebook. 'Aku seorang muslim yang mengenakan hijab, bukan seorang teroris', Aghnia memberi judul.

Dalam video itu, terlihat petugas laki-laki dan petugas perempuan memaksa Aghnia membuka jilbabnya. Ketika ditanyakan untuk apa? Mereka mengatakan untuk alasan keamanan. Namun, Aghnia tidak mau menurut dan terus mendesak petugas untuk menunjukkan aturan mengapa mereka menyuruhnya untuk melepaskan jilbab.

Terjadi perdebatan panjang. "Kamu tidak aman bagi kami," kata seorang petugas perempuan sambil menghindar dan membentak, ketika Aghnia secara tidak sengaja menyentuh badannya karena petugas itu terus memepet.

Aghnia menyatakan sudah melaporkan kejadian ini ke KBRI di Roma. Ia kemudian memilih penerbangan sore dari Bandara Fiumicino dan di sana juga diminta melepas jilbab.

#Italia #Mahasiswi #Mahasiswa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan