Hari Pers Nasional, Pokja Wartawan Depok Lawan Berita Hoax Aksi damai Pokja Wartawan Depok dalam memperingati Hari Pers Nasional. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-71, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Depok menggelar aksi damai di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (9/2). Pada aksi tersebut, Pokja Wartawan Depok mengecam berita bohong atau hoax yang tersebar melalui media sosial.

Ketua Pokja Wartawan Depok, Hidayatul Mulyadi mengimbau masyarakat agar semakin berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi bohong atau hoax. Ia menyatakan bahwa maraknya berita hoax yang tersebar di media sosial semakin membuat resah.

Aksi damai Pokja Wartawan Depok. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

"Terkait berita hoax, saat ini sudah semakin meresahkan. Dan perlu diketahui, berita-berita bohong seperti itu dapat merusak keutuhan negara," jelas Hidayat saat melakukan aksi damai HPN.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa masyarakat harus bisa mengkritisi setiap informasi yang didapat dari media sosial dan beberapa portal berita online.

Aksi damai Pokja Wartawan Depok. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Menanggapi ihwal demikian, Wakapolresta Depok, AKBP Candra Kumara juga mengajak masyarakat kota Depok untuk lebih cerdas memilih dan menyebarluaskan berita apa pun di media sosial. "Jangan sembarangan percaya terhadap informasi. Dan harus pintar melihat media," ujarnya.

Dengan banyaknya berita hoax, tambah AKBP Candra, jelas sangat memengaruhi keadaan suatu kota bahkan negara. "Dan kalau kita sudah percaya sama berita hoax, bisa berpontensi perpecahan. Untuk menjaga negara ini salah satunya adalah dengan menyaring berita," tambahnya.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH