Habib Rizieq Siap Diperiksa Polda Jabar

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 13 Februari 2017
Habib Rizieq Siap Diperiksa Polda Jabar
Imam besar FPI Habib Rizieq Shihab (Foto Facebook)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dipastikan menghadiri pemeriksaan di Polda Jawa Barat. Kepastian itu disampaikan Ketua Bantuan Hukum Front (BHF) Front Pembela Islam (FPI) Jawa Barat, Ki Agus Muhammad Choiri.

“Habib Rizieq akan hadir di Mapolda Jabar pukul 09.00 WIB, diiringi beberapa kuasa hukum, petinggi teras FPI Pusat dan Jabar, serta pengawalan untuk pengamanan pribadi,” ujar Ki Agus Muhammad Choiri kepada merahputih.com, Minggu (12/2) malam.

Kunjungan Habib Rizieq ke Mapolda Jabar untuk memenuhi panggilan penyidik Polda Jabar terkait penetapan statusnya sebagai tersangka kasus penodaan Pancasila dan penghinaan Presiden RI pertama, Sukarno.

Sebelumnya, Polda Jabar telah dua kali memanggil Habib Rizieq untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus penodaan Pancasila dan penghinaan terhadap Presiden pertama Sukarno. Rizieq ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik melakukan tiga kali gelar perkara dan memanggil 18 saksi ahli untuk diperiksa.

Kasus ini berkembang setelah puteri Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri melaporkan Rizieq atas tuduhan penodaan Pancasila dan Presiden RI pertama saat ceramah di Lapangan Gasibu, Bandung. Atas tindakannya itu, Habib Rizieq diadukan Sukmawati ke Bareskrim Polri pada tanggal 27 Oktober 2016 dengan nomor LP/1077/X/2016/Bareskrim.

Habib Rizieq dijerat dengan Pasal 154 a KUHP tentang Penodaan terhadap Lambang Negara dan Pasal 320 KUHP tentang Pencemaran terhadap Orang yang Sudah Meninggal. Rizieq terancam hukuman empat tahun penjara.

Berita ini berdasarkan laporan dari Rina Garmina, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dari Rina Garmina: Senin, Habib Rizieq Penuhi Panggilan Polda Jabar

#Habib Rizieq #Penghinaan Pancasila #Soekarno #Front Pembela Islam (FPI)
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan